Harga minyak mentah turun

id minyak mentah,Harga minyak mentah turun,Beijing,Kalteng

Harga minyak mentah turun

Arsip Foto - Tangki penyimpanan minyak mentah terlihat dari atas di pusat minyak Cushing, tampaknya kehabisan ruang untuk menampung kelebihan pasokan bersejarah yang telah memukul harga, di Cushing, Oklahoma, Kamis (24/3/2016). ANTARA/REUTERS/Nick Oxford/am.

Beijing (ANTARA) - Harga minyak turun di perdagangan Asia pada Jumat sore, bersiap untuk penurunan mingguan keempatnya, karena kekhawatiran ekonomi baru di Amerika Serikat dan China menghidupkan kembali kecemasan tentang pertumbuhan permintaan bahan bakar di dua konsumen minyak terbesar dunia.

Minyak mentah berjangka Brent merosot 48 sen atau 0,64 persen, menjadi diperdagangkan di 74,50 dolar AS per barel pada pukul 06.35 GMT. Minyak mentah berjangka West Texas Intermediate (WTI) AS turun 39 sen atau 0,55 persen, menjadi diperdagangkan di 70,48 dolar AS per barel.

Kedua harga acuan diperkirakan akan turun sekitar 1,1 persen minggu ini, yang akan menjadi penurunan mingguan terpanjang sejak November 2021.

Dengan pembicaraan tentang pagu utang pemerintah AS terhenti dan kekhawatiran baru bahwa bank regional lain sedang dalam krisis, ada kekhawatiran yang meningkat bahwa AS akan memasuki resesi.

Penurunan pinjaman baru untuk bisnis di China dan data ekonomi yang lebih lemah di sana pada awal pekan memfokuskan kembali keraguan tentang pemulihannya dari pembatasan COVID yang mendorong pertumbuhan permintaan minyak.

Selain itu, data inflasi yang lebih dingin dari kedua negara menunjukkan permintaan konsumen lemah, kata Tina Teng, analis pasar di CMC Markets di Auckland.

"Minyak adalah komoditas yang sensitif terhadap pertumbuhan, yang dipengaruhi oleh faktor-faktor bearish ini," katanya dalam surel.

Harga minyak naik pada Jumat pagi, setelah jatuh untuk dua sesi sebelumnya, di tengah beberapa ekspektasi permintaan menyusul komentar dari menteri energi AS bahwa AS dapat membeli kembali minyak untuk Cadangan Minyak Strategis (SPR) setelah beberapa penjualan selesai pada Juni.

Pemerintah AS mengatakan akan membeli minyak ketika harga secara konsisten berada di atau di bawah 67 dolar AS hingga 72 dolar AS per barel.

Namun, pembicaraan untuk menaikkan batas utang federal AS sebesar 31,4 triliun dolar AS mungkin tidak mencapai kesepakatan pada waktunya untuk mencegah gagal bayar utang pemerintah, yang dapat menyebabkan dislokasi pasar yang parah.

Dan, saham bank regional AS PacWest Bancorp anjlok 23 persen pada Kamis (11/5/2023) setelah mengatakan simpanannya menurun dan telah membukukan lebih banyak jaminan ke Federal Reserve AS untuk meningkatkan likuiditasnya.

Data harga konsumen China untuk April naik pada kecepatan yang lebih lambat dan meleset dari ekspektasi, sementara deflasi gerbang pabrik semakin dalam, menunjukkan lebih banyak stimulus mungkin diperlukan.

Pasar minyak sebagian besar mengabaikan perkiraan permintaan minyak global Organisasi Negara-negara Pengekspor Minyak (OPEC) untuk tahun 2023, yang memproyeksikan permintaan di China, importir minyak terbesar dunia, akan meningkat.

Penerjemah: Apep Suhendar