Buka Diklat KMHDI, Teras Narang ingatkan pentingnya perencanaan dan pengawasan

id Anggota DPD RI, pemilihan Kalimantan Tengah, Agustin Teras Narang, teras Narang, Kalteng, KMHDI Cabang Palangka Raya, Diklat KMHDI Palangka Raya

Buka Diklat KMHDI, Teras Narang ingatkan pentingnya perencanaan dan pengawasan

Anggota DPD RI Agustin Teras Narang melalui virtual membuka DMO ke-XXI KMHDI Palangka Raya, Sabtu (27/5/2023). ANTARA/Jaya WM.

Palangka Raya (ANTARA) -
Anggota DPD RI dari daerah pemilihan Kalimantan Tengah Agustin Teras Narang menyatakan bahwa dalam memajukan suatu organisasi, diperlukan perencanaan yang matang, melakukan kontrol atau pengawasan dalam setiap pelaksanaan dan mengevaluasi secara berkala.
 
Pernyataan itu disampaikan Teras Narang pada saat membuka secara virtual Diklat Manajemen Organisasi (DMO) ke-XXI Kesatuan Mahasiswa Hindu Dharma Indonesia (KMHDI) Cabang Palangka Raya, Sabtu.
 
"Dalam menyusun perencanaan, evaluasi terlebih dahulu apa yang telah dan sedang dilakukan oleh organisasi. Itu penting, agar perencanaan menjadi lebih baik dan berkesinambungan," ucapnya.
 
Mantan Gubernur Kalteng periode 2005-2015 itu mengingatkan bahwa dalam melakukan evaluasi, diperlukan kejujuran melihat kondisi yang telah dan sedang terjadi, mengedepankan rasa kebersamaan serta tidak saling menyalahkan. Dengan begitu, evaluasi yang bertujuan menyusun perencanaan, menjadi lebih baik dan optimal.
 
Teras Narang mengatakan, setelah perencanaan dibuat dan diputuskan, langkah selanjutnya adalah mengkoordinasikan dan menentukan siapa yang bertanggungjawab dalam melaksanakan, termasuk pengawasan saat akan dan dimulainya pelaksanaan.
 
"Jangan lupa untuk melakukan evaluasi secara berkala terhadap perencanaan yang telah disepakati bersama. Saya menyarankan evaluasi dilakukan setiap tiga bulan sekali," kata dia.
 
Senator RI ini juga mengajak para pengurus dan anggota KMHDI Palangka Raya, untuk lebih intens berkomunikasi dengan berbagai pihak. Mulai dari pemerintah daerah, baik itu provinsi maupun kota, para tokoh di Internal KMHDI maupun ekstern, organisasi kemasyarakatan dan kepemudaan lain, serta pihak-pihak lainnya.
Dia mengatakan, setiap kegiatan yang dilakukan oleh KMHDI Palangka Raya, harus dipublikasikan secara intens. Di mana publikasi itu dapat dilakukan melalui media sosial maupun komunikasi secara langsung dengan pihak-pihak lain.
 
"Jika semua ini dilakukan, saya yakin dan percaya, kendala KMHDI terkait dana ketika akan melaksanakan berbagai kegiatan bisa teratasi. Saya yakin, semua organisasi, termasuk KMHDI, akan selalu ada yang membantu. Apalagi jika berkaitan dengan pengembangan dan peningkatan sumber daya manusia (SDM) dan pembangunan di daerah ini," kata Teras Narang.
 
Dirinya pun mengucapkan selamat atas terselenggaranya DMO ke-XXI KMHDI Cabang Palangka Raya. Semoga melalui kegiatan ini, para mahasiswa yang tergabung di KMHDI, dapat menjadi lebih baik dan semakin berkontribusi terhadap kemajuan pembangunan di provinsi berjuluk Bumi Tambun Bungai-Bumi Pancasila ini.

Baca juga: Kemajuan Kalteng sudah terlihat, Teras Narang beri pesan di HUT ke-66

Baca juga: Jadikan Kebangkitan Nasional momentum memperkuat gotong royong dan kebersamaan

Baca juga: Ditanya siswa soal Indonesia Negara rasis, ini respons Teras Narang