Kemajuan Kalteng sudah terlihat, Teras Narang beri pesan di HUT ke-66

id Anggota DPD RI, Agustin Teras Narang, DPD RI, Kalimantan Tengah, Kalteng, teras Narang

Kemajuan Kalteng sudah terlihat, Teras Narang beri pesan di HUT ke-66

Anggota DPD RI sekaligus mantan Gubernur Kalteng Agustin Teras Narang. ANTARA/HO/Tim Teras Narang.

Palangka Raya (ANTARA) - Anggota DPD RI Agustin Teras Narang menyatakan bahwa kemajuan pembangunan di Provinsi Kalimantan Tengah sudah sangat terlihat, terlebih perekonomian dampak dari semakin pesatnya pengangkutan kelapa sawit, batubara, pasir sirkon, biji besi serta lainnya.

Sekarang ini tinggal bagaimana kemajuan pembangunan itu dapat terus dijaga dan ditingkatkan dari tahun ke tahun, kata Teras Narang ketika diminta pendapatnya dalam memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) Kalteng ke-66 melalui pesan singkat diterima di Palangka Raya, Selasa.

"Pemerintah Pusat bersama provinsi dan kabupaten/kota se-Kalteng tetap memberikan perhatian dalam menjaga, memelihara dan meningkatkan infrastruktur jalan maupun jembatan yang telah terbangun selama ini," ucapnya.

Selain itu, menurut mantan Gubernur Kalteng periode 2005-2015 ini, perlu juga diperhatikan peningkatan sumber daya manusia (SDM) di provinsi berjuluk Bumi Tambun Bungai-Bumi Pancasila tersebut. Sebab, ke depan dengan terbukanya akses teknologi informasi yang berkembang, serta adanya Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara di Kaltim.

"Kondisi itu tentunya dapat berakibat terbukanya persaingan secara internal, maupun eksternal, terutama generasi muda di saat Kalteng mengalami bonus demografi pada tahun 2035," kata Teras Narang.

Sementara untuk daerah 3T (terdepan, terpencil dan tertinggal) di Kalteng, menurut Mantan Anggota DPR RI periode 1999-2004 dan 2004-2005 itu, perlu lebih diberikan perhatian dan dipercepat penyediaan listrik PLN dan jaringan internet. Sebab, masih banyak daerah 3T di Kalteng yang sampai saat ini belum tersedia jaringan listrik dan internet.

Dia mengatakan peningkatan pelayanan kesehatan dan pendidikan di daerah 3T di Kalteng juga harus semakin dikebut. Dengan begitu, kualitas dan daya saing SDM di Kalteng dapat lebih meningkat dari saat ini.

"Saya mengucapkan selamat HUT Kalteng ke-66. Semoga Kalteng semakin damai dan sejahtera, serta penuh dengan rasa persaudaraan dalam membangun dan menjaga Kalteng. Kiranya semangat 'mamangun tuntang mahaga lewu' terus terjaga," demikian Teras Narang.