Timsel tetapkan 40 calon anggota KPU empat kabupaten di Kalimantan Tengah

id Kpu, seleksi anggota kpu, bartim, katingan, pulang pisau, seruyan, komisi pemilihan umum, pemilu 2024, pesta demokrasi

Timsel tetapkan 40 calon anggota KPU empat kabupaten di Kalimantan Tengah

Tim Seleksi mengumumkan pendaftaran calon anggota KPU empat kabupaten di Palangka Raya. (ANTARA/Rendhik Andika)

Palangka Raya (ANTARA) - Tim Panitia Seleksi (Pansel) Anggota KPU empat kabupaten di Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng) menetapkan 40 nama yang dinyatakan lolos tes wawancara dan kesehatan.

"Sebanyak 40 nama calon anggota KPU di Kabupaten Barito Timur (Bartim), Katingan, Pulang Pisau (Pulpis) dan Seruyan itu akan kami serahkan langsung ke KPU RI pada Selasa (30/2)," kata Ketua Timsel KPU Bhayu Rama di Palangka Raya, Senin.

Dia mengatakan, 40 nama calon anggota KPU Kalteng periode 2023-2028 selanjutnya mengikuti tahapan seleksi uji kepatutan dan kelayakan yang dilaksanakan KPU RI.

"Kami pun mengapresiasi seluruh peserta yang telah mengikuti tahapan seleksi calon anggota KPU Kalteng. Termasuk peran perempuan yang sampai saat ini masuk 10 besar pada setiap KPU tingkat kabupaten di Kalteng," terangnya.

Anggota Timsel Mutia Evi Kristhy, menerangkan, kelolosan perempuan pada seleksi akhir Timsel di Kabupaten Barito Timur ada empat orang. Sedangkan tiga untuk kabupaten lainnnya masing-masing sebanyak dua orang.

"Jadi kuota keterwakilan perempuan masing-masing terpenuhi di masing-masing kabupaten," tutur Mutia.

Baca juga: Kebakaran di Palangka Raya hanguskan dua unit rumah

Sementara itu, lanjut dia, jumlah calon anggota KPU yang berstatus petahana dari total 40 nama itu, di KPU Kabupaten Barito Timur ada empat orang, KPU Pulang Pisau ada dua orang, KPU Katingan dan KPU Seruyan masing-masing satu orang.

Empat petahana KPU Kabupaten Barito Timur yakni Anugrahadi, Novan Budiono, Zarmiyeni dan Satya Hedipuspita. Petahana di KPU Katingan yakni Habibi Mubarak, di KPU Pulang Pisau yakni Muhammad Zainurrohman dan Royan Hanapi dan petahana di KPU Seruyan yakni Muhammad Abdianoor.

Anggota Timsel lain, Sahdin Hasan menambahkan, 40 nama calon anggota KPU di empat kabupaten di Kalteng adalah orang-orang terbaik dari hasil seleksi.

"Ini adalah ikhtiar terbaik kami. Sesuai dengan petunjuk teknis pelaksanaan seleksi. Dari 40 orang inilah yang selanjutnya akan diseleksi KPU RI hingga nantinya ditetapkan lima nama anggota KPU di masing-masing kabupaten," katanya.

Sementara itu, tim seleksi calon anggota KPU di empat kabupaten di Kalteng itu terdiri dari orang yakni Bhayu Rama, Abdul Helim, M Tasron, Mutia Evi Kristhy dan Sahdin Hasan.

Baca juga: PDIP priritaskan Golkar, PAN, PKB, dan Perindo untuk kerja sama

Baca juga: Kebakaran lahan sawit terjadi di Sumbar terkendali

Baca juga: Warga gembira jalan puluhan tahun rusak kini mulus beraspal