Tahun ini sembilan desa di Seruyan teraliri listrik PLN

id Tahun ini sembilan desa di Seruyan teraliri listrik, kalteng, seruyan, listrik, pln

Tahun ini sembilan desa di Seruyan teraliri listrik PLN

Asisten dua Pemerintah Daerah (Pemda) Seruyan, Adhian Noor di Kuala Pembuang, ANTARA/HO-Dokumentasi Pribadi

Kuala Pembuang (ANTARA) - Bupati Kabupaten Seruyan, Kalimantan Tengah Yulhaidir, melalui Asisten II Adhian Noor menyampaikan bahwa tahun 2023 ini ada sembilan desa di aliran Sungai Seruyan bakal teraliri listrik dari PT PLN.

“Adapun sembilan desa tersebut akan terkoneksi dalam dua tahap. Pada tahap pertama, jaringan listrik akan mengaliri enam desa yakni, Desa Tanjung Hanau, Benua Usang, Cempaka Baru, Palingkau, Ulak Batu dan Paren Kecamatan Danau Sembuluh,” kata Adhian di Kuala Pembuang, Selasa.

Untuk tahap kedua, ada tiga desa dialiri listrik PLN yaitu Desa Panyumpa Kecamatan Seruyan Tengah, Tumbang Suei dan Marandang di Kecamatan Seruyan Hulu.

Dia mengatakan, pembangunan jaringan induk interkoneksi oleh Unit Pelaksana Program Pembangunan Ketenagalistrikan (UP3K) Kementerian ESDM dari Desa Lanpasa menuju desa di bantaran sungai Seruyan wilayah Desa Banua Usang sepanjang kurang lebih 15 kilometer akan rampung tahun ini.

“Nantinya, dari jaringan induk Desa Benua Usang tersebut akan diteruskan pembangunan jaringannya menuju lima desa lainnya," katanya.

Baca juga: Tingkatkan sinergitas memenangkan Ganjar, PDI-P Seruyan silaturahmi ke PPP

Adhian Noor juga menceritakan perjalanan panjang Bupati Seruyan Yulhaidir bersama jajarannya di Pemkab Seruyan memperjuangkan listrik agar bisa dinikmati masyarakat di desa-desa yang terisolir.

Bupati Seruyan juga berkoordinasi dengan kementerian ESDM, PT PLN hingga mengajak Perusahaan Besar Swasta Kelapa Sawit (PBS-KS) agar wilayah perkebunannya bisa dilalui jaringan induk interkoneksi menuju perdesaan sepanjang kurang lebih 15 kilometer tanpa ada biaya dari pemerintah.

“Beberapa kali rapat bersama PLN, PBS-KS dipimpin langsung bapak Bupati Yulhaidir hingga terealisasi seperti sekarang. Bapak Bupati Yulhaidir juga sering mengingatkan, karena kalau desa-desa di pinggiran sungai ini tidak diprioritaskan sekarang, kapan lagi," tambahnya.

Dia juga mengapresiasi PBS-KS seperti PT Sawit Mas Nugraha Perdana (PT SMNP), PT Argo Indomas dan PT Rim Capital yang mendukung penuh pemasangan jaringan induk interkoneksi PLN melalui Corporate Social Responsibility (CSR).

"Saat ini sudah mulai pemasangan jaringan, diperkirakan akan nyala berbarengan di enam desa itu, kita juga bersyukur, masyarakat juga sepakat tidak ada ganti rugi lahan di area yang dilalui jaringan induk tersebut,” demikian Adhian Noor.

Baca juga: Disdik Seruyan terus benahi Dapodik

Baca juga: DKPP Seruyan gratiskan pemeriksaan kesehatan hewan kurban

Baca juga: DPRD Seruyan fasilitasi penyelesaian klaim lahan di Pematang Limau