Aktris Goo Hye Sun kalah dalam kasus dengan mantan agensinya

id Goo hye sun,Hb entertainment

Aktris Goo Hye Sun kalah dalam kasus dengan mantan agensinya

Aktris Goo Hye Sun (ANTARA/instagram/kookoo900)

Jakarta (ANTARA) - Aktris Korea Selatan Goo Hye Sun telah kalah dalam kasusnya melawan mantan agensinya, HB Entertainment, terkait biaya penampilan yang belum dibayar.

Pada tanggal 18 Juni waktu setempat, Divisi Perjanjian Perdata 63 Pengadilan Distrik Pusat Seoul, yang dipimpin oleh Ketua Hakim Park Chan Seok, menolak klaim Goo Hye Sun atas kerugian terhadap HB Entertainment, demikian laporan dari All Kpop, Minggu.

Sebelumnya, diketahui Goo Hye Sun dan HB Entertainment telah menandatangani kontrak eksklusif pada tahun 2018. Suaminya yakni aktor Ahn Jae Hyun juga menandatangani kontrak dengan HB Entertainment pada saat itu.

Baca juga: Ahn Jae Hyun curhat kesalnya Goo Hye Sun dikejar paparazzi

Namun, di tahun berikutnya, Goo Hye Sun dan Ahn Jae Hyun mengalami perceraian sehingga memicu perselisihan antara Goo Hye Sun dan HB Entertainment.

Awalnya, Goo Hye Sun mengungkapkan ketidakpuasannya dengan menuduh agensi itu hanya memprioritaskan pekerjaan Ahn Jae Hyun. Akibatnya, dia memutuskan kontrak eksklusif dengan agensi itu.

Kemudian, perdebatan besar muncul kembali terkait saluran YouTube Goo Hye Sun dan HB Entertainment. Saluran YouTube Goo Hye Sun itu didirikan dan dioperasikan di bawah kontrak, dengan biaya yang besar dan video aktual yang diproduksi.

Namun, pemutusan kontrak menyebabkan ketidaksepakatan atas biaya dan hak cipta dari konten di akun YouTube tersebut. Goo Hye Sun pun menuntut biaya penampilan dan bagian dari pendapatan YouTube untuk kontennya.

Dewan Arbitrase Komersial Korea memutuskan bahwa Goo Hye Sun harus membayar ganti rugi sebesar 35 juta won kepada HB Entertainment, yang telah diinvestasikan dalam pengembangan saluran YouTube.

Goo Hye Sun berusaha untuk membantah keabsahan keputusan arbitrase, namun akhirnya ditolak. Selanjutnya, Goo Hye Sun mengajukan gugatan tambahan untuk mencari hak reproduksi dan distribusi atas penampilannya. Namun, pengadilan kembali menolak klaimnya dan mengakui hak cipta HB Entertainment.