Legislator ingatkan tempat usaha wajib miliki APAR

id Legislator ingatkan tempat usaha wajib miliki APAR, kalteng, Palangka raya

Legislator ingatkan tempat usaha wajib miliki APAR

Alat pemadam api ringan (Apar). ANTARA/M Husein Asyari

Palangka Raya (ANTARA) - Legislator Kota Palangka Raya, Kalimantan Tengah Hasan Busyairi mengingatkan agar setiap tempat usaha miliki alat pemadam api ringan (Apar) untuk mengantisipasi dan mencegah terjadinya kebakaran semakin luas. 

"Beberapa hari kemarin daerah kita baru terjadi kebakaran pemukiman, dari sana kita bisa belajar pentingnya upaya mengantisipasi dan mencegah kebakaran agar tidak meluas, salah satunya memiliki apar," ujar Anggota DPRD Kota, Hasan Busyairi di Palangka Raya, Senin.

Maka dengan itu, Hasan mengingatkan setiap tempat usaha yang rawan terjadi kebakaran bisa memiliki APAR, untuk menjadikan tempat kerja aman dari bahaya kebakaran. 

"Sering kita lupa pentingnya memiliki APAR ini, padahal sangat perlu bagi tempat usaha seperti rumah makan, kafe, tempat pencucian pakaian, dan lainnya menyediakannya alat pemadam tersebut," ucapnya. 

Selain tempat usaha, Ketua Komisi C tersebut juga mengingatkan agar kendaraan bermotor seperti mobil, bus dan truk juga menyiapkan APAR untuk mencegah semakin besarnya api apabila terjadi korsleting yang bisa menimbulkan kebakaran. 

Baca juga: Bhayangkara Polda Kalteng juara pertama voli tingkat nasional 2023

"Kan ada APAR yang kecil ukurannya yang mudah ditempatkan di mobil," ucapnya. 

Hasan juga meminta kepada pemerintah yakni Dinas Pemadam Kebakaran, agar bisa memberikan sosialisasi kepada masyarakat tentang pentingnya APAR, dengan mendatangi rumah-rumah, atau tempat-tempat usaha untuk memberikan himbauan untuk menyediakan alat pemadam tersebut. 

"Kalau bisa selain memberikan imbauan, bisa langsung berikan demo atau cara menggunakan APAR yang benar," terang Politisi dari Partai Golkar tersebut. 

Hasan juga mengingatkan masyarakat Kota Palangka Raya agar bersama-sama menjaga dan mengantisipasi terjadinya kebakaran dengan tidak sembarangan membakar sampah, membuang puntung rokok. Warga juga diingatkan melepas peralatan elektronik apabila tidak terpakai. 

"Sama-sama menjaga untuk keselamatan bersama dari bahaya kebakaran sekitar tempat tinggal," demikian Hasan Busyairi. 

Baca juga: Porprov Kalteng di Sampit pertandingkan 28 cabang olahraga

Baca juga: Pemkot Palangka Raya sediakan ratusan sembako murah untuk masyarakat jelang Idul Adha

Baca juga: Legislator ingatkan bahaya perilaku LGBT dan pergaulan bebas