Pemkot Palangka Raya sediakan ratusan sembako murah untuk masyarakat jelang Idul Adha

id Palangka Raya,Kalteng,Kepala DPKUKMP Palangka Raya Samsul Rizal,Kelurahan Palangka ,Kelurahan Menteng,Kecamatan Jekan Raya,Paket Sembako Murah,Pemkot

Pemkot Palangka Raya sediakan ratusan sembako murah untuk masyarakat jelang Idul Adha

Warga yang berada di Kelurahan Palangka, Kecamatan Jekan Raya Kota Palangka Raya membeli paket sembako murah yang dilaksanakan di operasi pasar murah yang dilaksanakan DPKUKMP Kota setempat, Sabtu (24/6/2023). ANTARA/Adi Wibowo

Palangka Raya (ANTARA) - Pemerintah Kota Palangka Raya, Kalimantan Tengah melalui Dinas Perdagangan Koperasi Usaha Kecil Menengah dan Perindustrian setempat menyediakan ratusan paket sembako murah, dalam kegiatan operasi pasar untuk masyarakat jelang Hari Raya Idul Adha 1444 Hijriah.
 
Kepala DPKUKMP Palangka Raya Samsul Rizal di Palangka Raya, Sabtu, mengatakan, operasi pasar sembako murah yang dilaksanakan di Kelurahan Palangka dan Menteng, Kecamatan Jekan Raya tersebut bertujuan meringankan beban masyarakat jelang hari keagamaan Idul Adha.

"Total paket sembako murah atau yang disubsidi sebesar Rp50 ribu tersebut sebanyak 650 paket. 500 paket di Kelurahan Palangka dan 150 di Kelurahan Menteng," katanya.

Dia menuturkan, harga jual paket sembako yang berisi gula pasir dua kilogram, beras lima kilogram dan minyak goreng dua liter tersebut untuk harga normalnya di pasar tradisional adalah sebesar Rp150 ribu.

Namun di operasi pasar sembako murah tersebut masyarakat hanya menebus Rp100 ribu, sedangkan Rp50 ribu nya disubsidi pemkot setempat dengan tujuan masyarakat dapat memanfaatkan uang Rp50 tersebut untuk membeli kebutuhan pangan lainnya.

"Sistem pembeliannya masyarakat tinggal mendatangi kelurahan dan membawa foto copy KTP, dengan tujuan yang membeli benar-benar warga di kelurahan yang sudah ditentukan," ucapnya.

Dia menambahkan, dengan menggunakan sistem kupon dan menyerahkan fotokopi KTP diharap kegiatan itu terlaksana dengan benar-benar tepat sasaran. Pemilihan dua kelurahan tersebut, sebab memiliki jumlah penduduk cukup banyak.

"Maka dari itu pemkot melaksanakan kegiatan ini di dua kelurahan tersebut. Kemudian kegiatan seperti ini juga akan dilaksanakan di sejumlah kelurahan lain yang ada di Kota Palangka Raya," jelasnya.

Sementara itu Syaidah warga Kompleks Perumahan Sosial Kota Palangka Raya mengaku senang dengan adanya program seperti ini. Dia berharap kegiatan serupa terus dilaksanakan, sehingga masyarakat kurang mampu dapat benar-benar terbantu.

"Ya kalau bisa diselenggarakan terus seperti ini, kami sangat terbantu dengan adanya operasi pasar sembako murah tersebut," demikian Syaidah.