Video Jokowi jadi cawapres Prabowo di Pemilu 2024 hoaks!

id Jokowi,Prabowo,Kalteng, Jokowi jadi cawapres Prabowo ,Pemilu 2024,pilpres 2024,hoaks,Video Jokowi jadi cawapres Prabowo di Pemilu 2024 hoaks!

Video Jokowi jadi cawapres Prabowo di Pemilu 2024 hoaks!

Presiden Joko Widodo (kanan) berbincang dengan Menteri BUMN sekaligus Ketua Umum PSSI Erick Thohir (tengah) dan Menteri Pertahanan Prabowo Subianto (kiri) saat menyaksikan laga FIFA Matchday Indonesia vs Argentina di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Senayan, Jakarta, Senin (19/6/2023). ANTARA FOTO/Dhemas Reviyanto/aww.

Jakarta (ANTARA) -
Pemilihan Presiden 2024 akan diselenggarakan kurang dari satu tahun.

Sebanyak tiga kandidat diyakini akan maju sebagai calon presiden yakni Ganjar Pranowo, Prabowo Subianto, dan Anies Baswedan. 

Sebuah unggahan video di TikTok menarasikan Presiden Jokowi akan menjadi cawapres dari bakal capres Prabowo Subianto di Pemilu 2024 mendatang. Pernyataan tersebut dijelaskan oleh pembawa acara di sebuah stasiun televisi.

Berikut narasi dalam video tersebut:

“Presiden Joko Widodo akan dicalonkan sebagai cawapres dalam pemilu presiden 2024 mendatang”

Namun, benarkah Jokowi akan menjadi cawapres Prabowo di Pemilu 2024?
 
Unggahan video hoaks yang menarasikan Jokowi akan menjadi cawapres mendampingi Prabowodi Pemilu 2024. Faktanya, video tersebut dipotong padahal Jokowi membantah pernyataan tersebut. (TikTok)
Penjelasan:

Berdasarkan penelusuran, unggahan video tersebut merupakan potongan siaran TVOne yang diunggah 16 September 2022 di YouTube berjudul “Mencuatnya Wacana Jokowi jadi Cawapres di 2024 | Kabar Hari Ini tvOne”.

Siaran berita itu membahas soal isu Jokowi yang akan dicalonkan sebagai cawapres. Namun, Jokowi membantah isu tersebut. 

"Ini muncul lagi jadi wapres, itu dari siapa? Kalau dari saya akan saya terangkan, kalau enggak dari saya, saya enggak mau nerangin," ujar Jokowi, dalam video lengkapnya. Video yang diunggah di akun TikTok tersebut hanya potongannya saja sehingga menimbulkan kekeliruan.

Hingga saat ini, baik dari Prabowo ataupun Gerindra belum mengumkan siapa kandidat cawapresnya secara resmi.

Klaim: Video Jokowi akan menjadi cawapres Prabowo di Pemilu 2024

Rating: Misinformasi