Warga Bukit Sawit ini rasakan manfaat Program JKN membantu pengobatan

id bpjs kesehatan muara teweh,warga bukit sawit,program jkn,barito utara,kalteng

Warga Bukit Sawit ini rasakan manfaat Program JKN membantu pengobatan

Marselina warga Desa Bukit Sawit di Muara Teweh, Jumat (21/7/2023).ANTARA/HO-BPJS Kesehatan Muara Teweh

Muara Teweh (ANTARA) - Warga Desa Bukit Sawit Kecamatan Teweh Selatan, Kabupaten Barito Utara, Kalimantan Tengah, Marselina Swai (48) mengaku Program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) sangat bermanfaat dalam membantu biaya pengobatan yang pernah dijalaninya. 

“Pada tahun 2021, saya pernah rawat inap selama empat hari di RSUD Muara Teweh akibat sakit lambung yang saya alami, pelayanan yang diberikan sangat baik dan tidak ada biaya untuk pengobatannya karena sudah ditanggung oleh sepenuhnya Program JKN,” ucap Marselina di Muara Teweh,Jumat. 

Sebelum beralih menjadi segmen Pekerja Bukan Penerima Upah (PBPU) atau Peserta Mandiri, Marselina terdaftar sebagai peserta yang iurannya dibayarkan oleh Pemkab Barito Utara. 

Ia pun membandingkan ketika sebelum dirinya menjadi peserta JKN BPJS Kesehatan, pengobatan dengan biaya umum dirasanya terasa berat dan menghabiskan banyak biaya.

“Sebelum menjadi peserta JKN, pengalaman saya sebagai pasien umum untuk rawat inap di tingkat pertama saja bisa mencapai ratusan ribu padahal cuma satu hari, bayangkan kalau dirawat sampai beberapa hari dan harus bayar sendiri pasti tidak akan sanggup,” tambah Marselina.

Bergantung pada penghasilannya sebagai petani sawit, Marselina menilai akan jauh lebih murah untuk membayar iuran JKN setiap bulan daripada menanggung risiko sakit dengan biaya yang besar dikemudian hari.

“Dengan mendaftar dalam segmen peserta mandiri, saya bisa menyesuaikan penghasilan dengan iuran yang harus dibayarkan, tentunya ini jauh lebih murah daripada suatu saat harus menanggung biaya pengobatan yang justru saya tidak sanggup untuk membayarnya sendiri,” katanya.

Marselina juga meyakini prinsip gotong royong dalam Program JKN telah banyak membantu masyarakat untuk mengakses pelayanan kesehatan tanpa terkendala biaya.

“Saya yakin banyak yang merasakan hal yang sama dengan saya, jika merasa khawatir akan biaya pengobatan dari sakit yang tidak tahu kapan datangnya maka Program JKN adalah solusinya, banyak yang pastinya terbantu dengan adanya Program JKN ini, terlebih lagi kalau ternyata kita selalu sehat maka iuran kita dapat bermanfaat bagi yang membutuhkan,” ucap Marselina.