Ribuan ekor ternak di Kapuas sudah divaksinasi PMK

id Ribuan ekor hewan ternak warga di Kapuas sudah divaksinasi PMK, kalteng, kapuas, penyakit mulut dan kuku

Ribuan ekor ternak di Kapuas sudah divaksinasi PMK

Petugas dari Dinas Pertanian Kabupaten Kapuas, melakukan vaksinasi hewan ternak warga setempat, belum lama ini. ANTARA/HO-Distan Kapuas.

Kuala Kapuas (ANTARA) - Dinas Pertanian (Distan) Kabupaten Kapuas, Kalimantan Tengah, telah melakukan vaksinasi penyakit mulut dan kuku (PMK) terhadap ribuan ekor hewan ternak milik warga di beberapa kecamatan.

"Saat ini sudah ada 1.260 ekor ternak yang divaksinasi PMK dan akan terus berlanjut," kata Kepala Distan Kabupaten Kapuas, Yaya melalui Medik Veteriner Muda, drh Anik Ariswandani di Kuala Kapuas, Minggu.

Pelaksanaan vaksinasi dibagi dalam beberapa tim yang ditugaskan di beberapa kecamatan, di antaranya Kecamatan Dadahup, Mantangai, Kapuas Murung, Basarang, Tamban Catur, Kapuas Hilir, Kapuas Timur dan Selat.

"Kabupaten Kapuas mendapat alokasi 4.425 dosis vaksin PMK. Vaksinasi PMK dilakukan beberapa tahap," terangnya.

Dijelaskan Anik, vaksinasi mulai dilakukan lagi sejak Agustus ini. Ini merupakan upaya pemerintah dalam mencegah muncul dan merebaknya PMK.

"Target vaksinasi adalah ternak sapi, kambing, domba dan babi, karena virus PMK bisa menyerang hewan berkuku belah," katanya.

Baca juga: Perkuat daya saing pemuda, Pemkab Kapuas gandeng perguruan tinggi

Menurut Anik, vaksinasi PMK perlu untuk dilaksanakan untuk memberi kekebalan terhadap penyakit mulut dan kuku bagi ternak yang dipelihara oleh peternak di daerah setempat.

"Apalagi kemarin masih ditemukan adanya ternak sapi bergejala PMK pada ternak sapi kurban yang diketahui berasal dari luar wilayah Kabupaten Kapuas," kata dia. 

Anik menyebutkan, bahwa untuk vaksinasi PMK tahun ini ada yang merupakan vaksin ulangan/booster bagi ternak yang sudah di vaksin PMK tahun 2022 lalu. Selain itu, ada juga vaksinasi pertama bagi ternak baru yang belum pernah divaksin sebelumnya.

“Untuk tahun kemarin Kapuas hanya melaksanakan vaksinasi PMK pada ternak sapi dan kambing. Untuk tahun ini, vaksinasi juga ditujukan pada ternak babi," jelas Anik.

Ditambahkannya, bagi masyarakat yang memiliki ternak baik itu sapi, kambing, domba dan babi yang belum di vaksinasi PMK sebaiknya melaporkan kepada pihaknya agar hewan ternaknya mendapatkan vaksin.

Baca juga: Legislator: Keberadaan Kantor Desa Mawar Mekar optimalkan pelayanan administrasi

Baca juga: Pengembangan food estate di Kapuas terus berlanjut

Baca juga: Ketua DPRD Kapuas ajak seluruh elemen terlibat aktif cegah karhutla