Pengembangan food estate di Kapuas terus berlanjut

id Pemkab kapuas, food estate kapuas, ketahanan pangan, pertanian kapuas, pertanian, kuala kapuas, kapuas

Pengembangan food estate di Kapuas terus berlanjut

Foto Arsip - Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Kapuas Yaya melakukan panen padi di salah satu pertanian di Kuala Kapuas, belum lama ini. (ANTARA/HO-Diskominfo Kapuas)

Kuala Kapuas (ANTARA) - Dinas Pertanian Kabupaten Kapuas, Kalimantan Tengah menyatakan pengembangan food estate di daerah setempat masih terus berlanjut hingga saat ini.

Kepala Bidang Tanaman, Dinas Pertanian Kapuas, Edi Dese di Kuala Kapuas, Sabtu, mengatakan kawasan food estate di daerah setempat meliputi 11 kecamatan dengan luas tanam padi tahun ini mencapai 58 ribu hektare lebih.

"Kalau target luas tanamnya 77 ribu hektare lebih, terealisasi 58 ribu hektare lebih atau 75,6 persen," kata Edi Dese.

Dari luas tanam tersebut, lanjutnya, yang berhasil dipanen hingga Agustus 2023 sekitar 80 persen dengan produktivitas 3 sampai 3,5 ton per hektare.

"Sedangkan hasil panennya sampai Agustus ini sebanyak 139.615 ton GKG," katanya.

Khusus di Kecamatan Dadahup dari target luas tanam 1.245 hektare, terealisasi seluas 690 hektare atau 55,41 persen. Dengan luas panen sampai saat ini berkisar 500 hektare dan hasil panennya kurang lebih 900 ton.

Edi menjelaskan, program food estate di kabupaten setempat sendiri dimulai sejak 2020 dengan kegiatan intensifikasi seluas 20 ribu hektare tersebar di 11 kecamatan.

"Intensifikasi itu kegiatan yang dilaksanakan di lahan eksisting.  Artinya lahan yang sudah biasa ditanam oleh petani," ujarnya.

Baca juga: Pemkab Kapuas dukung keberadaan Yayasan Pendidikan Islam Darud Azza

Kemudian kegiatan intensifikasi food estate berlanjut pada 2021 seluas 13 ribu hektare dan 2022 seluas 502 hektare.

"Sehingga total kegiatan intensifikasi food estate di Kabupaten Kapuas seluas 33.500 hektare yang tersebar di 11 kecamatan," jelasnya.

Saat ini, sambungnya, tim dari Kementerian Pertanian sedang melakukan monitoring dan evaluasi terhadap pelaksanaan food estate di daerah setempat. Diharapkan pelaksanaan program tersebut dapat berjalan baik dan terus berkembang sesuai dengan harapan masyarakat maupun petani di Kapuas.

Baca juga: Ketua DPRD Kapuas ajak seluruh elemen terlibat aktif cegah karhutla

Baca juga: Pemkab Kapuas raih penghargaan Kabupaten Layak Anak kategori Pratama

Baca juga: Kebakaran melanda 28 hektare lahan di Kapuas