Pemkab Kapuas raih penghargaan Kabupaten Layak Anak kategori Pratama

id Pemkab Kapuas raih penghargaan Kabupaten Layak Anak kategori Pratama, kalteng, kapuas, kla

Pemkab Kapuas raih penghargaan Kabupaten Layak Anak kategori Pratama

Kepala Dinas P3APPKB Kabupaten Kapuas, dr Try Setyautami (tengah) menerima piagam KLA kategori pratama tahun 2023. ANTARA/HO-Diskominfo Kapuas

Kuala Kapuas (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Kapuas, Kalimantan Tengah, telah meraih penghargaan Kabupaten Layak Anak (KLA) kategori Pratama tahun 2023.

"Hal ini sebagai bentuk perwujudan perlindungan dan pemenuhan hak anak di kabupaten/kota se-Kalimantan Tengah," kata Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (P3APPKB) Kabupaten Kapuas, dr Try Setyautami, di Kuala Kapuas, Selasa.

Try Setyautami mengatakan piala dan penghargaan diserahkan oleh Wakil Gubernur Kalteng Edy Pratowo saat peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-78 Kemerdekaan Republik Indonesia.

Apabila 14 kabupaten/kota sudah mendapatkan penghargaan KLA, maka Provinsi Kalteng bisa menjadi Provinsi Layak Anak (Provila), serta menuju Indonesia Layak Anak (Idola) yang diharapkan tercapai pada tahun 2030 dan Indonesia Emas Tahun 2045.

"Tentunya kita akan terus berupaya untuk melakukan peningkatan dan mewujudkan KLA," harapnya.

Penghargaan tersebut diberikan berdasarkan Surat Keputusan Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Republik Indonesia Nomor 160 Tahun 2023.

Baca juga: Kebakaran melanda 28 hektare lahan di Kapuas

"Ditegaskan bahwa Kabupaten Kapuas meraih penghargaan KLA kategori Pratama dari keputusan tersebut," jelasnya.

Terkait hal tersebut, Tri Setyautami menyampaikan ucapan terima kasih kepada seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) maupun instansi terkait lainnya di kabupaten setempat, yang sudah berpartisipasi maupun berperan aktif, dalam mendukung daerah setempat menjadi Kota Layak Anak.

Untuk mendukung kabupaten setempat menjadi KLA, selain pemerintah diharapkan peran serta dukungan masyarakat di daerah setempat sangat diharapkan dalam mewujudkan daerah setempat menjadi KLA.

Masyarakat juga di ajak untuk dapat mensukseskan kabupaten yang berjulukan ‘Tingang Menteng Penunjung Tarung’ ini sebagai Kota Layak Anak.

Sebelumnya, Pemkab Kapuas pada tahun 2022 lalu, juga menerima penghargaan dari Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak RI sebagai Kabupaten Layak Anak kategori Pratama.

Baca juga: Kalteng pilih varietas IR-42/PB-42 antisipasi dampak El Nino

Baca juga: Bapemperda DPRD bersama Pemkab Kapuas bahas tiga Raperda

Baca juga: Berikut perkembangan penanggulangan karhutla di Kapuas