Bupati Sukamara dukung program pengenalan kampus bagi mahasiswa baru

id Bupati Sukamara dukung program pengenalan kampus bagi mahasiswa baru, kalteng, sukamara, pendidikan, kampus

Bupati Sukamara dukung program pengenalan kampus bagi mahasiswa baru

Bupati Sukamara, Kalimantan Tengah, Windu Subagio menghadiri acara pengenalan kehidupan kampus bagi mahasiswa baru (PKKMB) PSDKU Politeknik Negeri Pontianak (POLNEP) di Kabupaten Sukamara, Senin (11/9/2023). ANTARA/Donefrid Lalang

Sukamara (ANTARA) - Bupati Sukamara, Kalimantan Tengah, Windu Subagio menghadiri acara pengenalan kehidupan kampus bagi mahasiswa baru (PKKMB) Program Studi di luar kampus utama (PSDKU) Politeknik Negeri Pontianak (Polnep) di Kabupaten Sukamara.

“Terima kasih Direktur Polnep atas undangannya untuk memberikan kuliah umum bagi mahasiswa/mahasiswi baru tahun akademik 2023/2024 dengan tema ‘membangun mahasiswa program studi di luar kampus utama Politeknik Negeri Pontianak di Kabupaten Sukamara yang berkarakter dan berkompeten," ucapnya, Senin.

Menurutnya, dari statistik pendidikan terkini, dari sekitar 3,7 juta siswa/siswi yang lulus SMA per tahun, baru sekitar 1,8 juta atau 49 persen yang melanjutkan pendidikan ke jenjang perguruan tinggi.

“Kegiatan pengenalan kehidupan kampus bagi mahasiswa baru sangat bermanfaat untuk memberikan pembekalan, beradaptasi dengan lingkungan kampus dan segala sistemnya yang akan dihadapi selama perkuliahan,” imbuhnya.

Tentunya, sangat berbeda dengan kehidupan di masa sekolah menengah. Selain itu, PKKMB juga dimaksudkan untuk dapat melatih kerja sama, mental. Ini juga menjadi sarana membangun relasi dengan teman dan dosen, serta mengenal budaya kampus yang dapat memberikan inspirasi dan motivasi selama perkuliahan maupun kelak nanti setelah lulus.

“Saya mengharapkan seluruh mahasiswa/mahasiswi baru PSDKU Polnep di Kabupaten Sukamara dapat memanfaatkan kesempatan ini dengan sebaik-baiknya dan juga bersungguh-sungguh belajar dalam meraih pendidikan, sekaligus  aktif dan cerdas dalam memanfaatkan teknologi digital,” harap Windu.

Baca juga: Bupati Sukamara berharap pemilu berjalan damai dan kondusif

Hal ini bertujuan, agar kelak mampu menjadi insan intelektual yang berwawasan global, kreatif dan inovatif, namun tetap menjunjung tinggi nilai-nilai, jati diri, dan karakter kampus serta berkebangsaan. Semua akan menjadi tumpuan perubahan bagi kemajuan Bangsa dan Negara Indonesia.

“Kemudian, terkait dengan upaya Pemkab Sukamara untuk ambil bagian dalam mencerdaskan kehidupan bangsa sesuai amanat UUD RI 1945 serta implementasi misi pembangunan Kabupaten Sukamara yang tertuang dalam rencana pembangunan jangka menengah daerah (RPJMD) tahun 2018-2023,” jelasnya.

Hal dimaksud yaitu mewujudkan sumber daya manusia yang terdidik dan sehat serta mendorong kemandirian ekonomi yang berbasis sumber daya alam lokal yakni pertanian, perikanan, industri, dan pariwisata dengan memperhatikan kualitas lingkungan hidup.

Mahasiswa dan mahasiswi baru PSDKU Polnep di Kabupaten Sukamara dengan hak istimewa yang telah disebutkan sebelumnya, dituntut untuk menjadi sumber daya manusia yang sehat, memiliki produktivitas tinggi, memberikan manfaat, memiliki semangat berkompetisi, cinta tanah air, dan berakhlak mulia.

“Oleh karena itu, saya mendorong PSDKU Polnep Sukamara untuk menciptakan iklim pembelajaran yang kreatif dan inovatif untuk menghasilkan generasi yang unggul dan profesional dalam ilmu pengetahuan dan teknologi (iptek), riset dan inovasi (rin), berjiwa wirausaha, menjunjung nilai-nilai keagamaan dan kebangsaan, serta mampu bersaing secara nasional dan internasional. juga, pengembangan riset dan kerja sama/kolaborasi strategis dengan dunia usaha dan dunia industri, lembaga riset, perguruan tinggi lain dan pemerintah,” terangnya.

PSDKU Polnep Surabaya diharapkan mampu terus berproses untuk menjadi kampus unggulan terutama dalam bidang akademis, mampu menjadi pionir pembaharuan dan pembangunan, serta mampu melahirkan intelektual yang berpikir universal tanpa sekat-sekat oleh eksklusivisme yang sempit.

“PSDKU Polnep di Kabupaten Sukamara memang masih relatif baru, akan tetapi kita tidak perlu risau, karena sebagai salah satu perguruan tinggi vokasi terfavorit di Kalimantan Barat, Polnep sendiri telah dipercaya dan berhasil berkolaborasi dengan banyak instansi dan institusi demi memajukan dunia Pendidikan,” demikian Windu.

Baca juga: Warga Sukamara terbantu dengan fasilitasi 'rest area' Dishanpang Kalteng

Baca juga: Komdis Asprov PSSI Kalteng rekomendasikan Sukamara didiskualifikasi di Porprov 2023

Baca juga: Kotim hadapi Sukamara di final sepak bola Porprov Kalteng