Bupati Sukamara berharap pemilu berjalan damai dan kondusif

id Bupati Sukamara berharap pemilu berjalan damai dan kondusif, kalteng, pemilu, sukamara, windu subagio

Bupati Sukamara berharap pemilu berjalan damai dan kondusif

Bupati Sukamara Windu Subagio saat menghadiri deklarasi pemilu damai di Sukamara, Senin (11/9/2023). ANTARA/Donefrid Lalang

Sukamara (ANTARA) - Bupati Sukamara, Kalimantan Tengah Windu Subagio mengatakan, pemilu merupakan momen sangat sakral dan strategis yang harus dilaksanakan dengan damai dalam keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

“Karena itu, saya ucapkan terima kasih dan apresiasi kepada Kapolres Sukamara beserta jajaran yang telah menggelar acara deklarasi pemilu damai tahun 2024 di wilayah ini dengan lancar, aman, dan damai tanpa satu konflik apapun,” ucap Windu di Sukamara, Senin.

Menurutnya, pemilu idealnya adalah transisi dan pergantian kedaulatan. Dalam transisi tersebut maka wacana yang dikedepankan merupakan wacana tentang harapan, bukan wacana yang menimbulkan kebencian, wacana yang menyebarkan fitnah dan juga yang menyebabkan konflik horizontal.

“Pemilu yang damai, tertib dan berintegritas merupakan slogan yang harus digaungkan dan disosialisasikan kepada seluruh masyarakat sehingga bisa tertanam di hati dan jiwanya,” harap Windu.

Baca juga: Warga Sukamara terbantu dengan fasilitasi 'rest area' Dishanpang Kalteng

Pada momen tersebut, dirinya juga berharap kegiatan deklarasi pemilu damai bukan hanya sebagai simbol semata dalam mengisi ruang-ruang kosong dalam mempersiapkan pemilu 2024.

Lebih jauh dari itu, komitmen ini merupakan harapan bersama sehingga bisa diwujudkan bersama ke depannya. Harapannya, kondusivitas tercipta pada masa pra pemilu 2024 maupun pasca pemilu 2024 yang aman dan tertib di Kabupaten Sukamara.

“Kita sadari bahwa penyelenggaraan pemilu bukan hal yang mudah, harus ada kolaborasi antara seluruh stakeholder. Dalam mendukung suksesnya pelaksanaan pemilu. Kabupaten Sukamara adalah salah satu kabupaten pemekaran di Kalimantan Tengah yang dalam proses pelaksanaan pemilu nya pada tahun-tahun yang lalu berjalan dengan aman dan damai,” ungkapnya.

Ia menjelaskan, hal tersebut semua berkat kerjasama semua pihak, mulai dari KPU, Bawaslu, Kepolisian, TNI dan partai politik. Semoga pemilu 2204 nanti semua bisa bersinergi untuk mewujudkan pemilu yang sukses, aman dan kondusif.

Baca juga: Komdis Asprov PSSI Kalteng rekomendasikan Sukamara didiskualifikasi di Porprov 2023

Baca juga: Kotim hadapi Sukamara di final sepak bola Porprov Kalteng

Baca juga: Medali emas bola voli Porprov Kalteng diraih Kotim dan Sukamara