Lakukan tips ini agar ponsel pintar terhindar dari panas berlebihan

id ponsel pintar,panas berlebihan

Lakukan tips ini agar ponsel pintar terhindar dari panas berlebihan

Ilustrasi - Pengisian daya pada ponsel pintar. (ANTARA/Pexels/Hasan Albari.)

Jakarta (ANTARA) - Pemanasan berlebihan adalah masalah umum pada ponsel pintar, dan menghindarinya merupakan hal yang sangat penting untuk menjaga umur dan kinerja perangkat.

Pemanasan berlebihan dapat memperlambat kinerja ponsel pintar, merusak daya tahan baterai, dan bahkan menyebabkan kerusakan fisik pada komponen internal seiring waktu. Dalam kasus yang parah, pemanasan berlebihan dapat menyebabkan masalah keamanan.

Dikutip dari TechRound, berikut beberapa tips praktis untuk mencegah ponsel pintar dari pemanasan yang berlebihan.

Baca juga: Pasar ponsel pintar turun 11 persen pada Q2 2023

Pertama, kurangi aktivitas yang intensif. Penggunaan berkepanjangan aplikasi atau gim yang membutuhkan banyak sumber daya dapat membuat ponsel pintar menjadi panas. Disarankan untuk mengambil istirahat reguler saat melakukan aktivitas semacam itu.

Kedua, hindari sinar matahari langsung. Menyimpan ponsel di bawah sinar matahari langsung dapat membuatnya cepat panas. Jika berada di luar ruangan, upayakan untuk menyimpan ponsel pintar di tempat yang teduh.

Berikutnya, lepaskan casing ponsel saat mengisi daya baterai. Beberapa casing ponsel dapat menahan panas. Melepaskan casing ponsel saat mengisi daya dapat membantu menjaga suhu perangkat tetap rendah.

Baca juga: Tecno ungkap spesifikasi ponsel pintar Tecno Pova Neo 3

Tips selanjutnya adalah dengan selalu memperbarui perangkat lunak. Produsen ponsel pintar sering memberikan pembaruan yang meningkatkan efisiensi perangkat dan mencegah pemanasan berlebihan.

Terakhir, tutup aplikasi yang tidak digunakan. Menjalankan banyak aplikasi secara bersamaan di latar belakang dapat membuat ponsel menjadi panas. Rutinlah menutup aplikasi yang tidak digunakan untuk mengurangi beban kerja pada prosesor.

Menjaga lingkungan yang sejuk untuk ponsel pintar dapat membantu memperpanjang umur dan menjaganya tetap bekerja dengan baik.

Baca juga: Berikut tips membuat konten keren berbekal kamera ponsel

Baca juga: Tips memotret di Malam Takbiran dengan ponsel

Baca juga: Tips amankan mobile banking BRImo saat kehilangan ponsel