Kejuaraan dunia sepeda UCI MTB di Kalimantan Tengah ditunda

id Pemprov kalteng, gubernur kalteng, sugianto sabran, tunda kejuaraan sepeda dunia, uci mtb, UCI MTB Eliminator World Championships 2023, sepeda sport

Kejuaraan dunia sepeda UCI MTB di Kalimantan Tengah ditunda

Foto Arsip - Gubernur Kalimantan Tengah Sugianto Sabran bersama istri menyaksikan kejuaraan sepeda dunia di Palangka Raya pada 2022. (ANTARA/Muhammad Arif Hidayat)

Palangka Raya (ANTARA) - Gubernur Kalimantan Tengah Sugianto Sabran secara resmi mengeluarkan surat pemberitahuan penundaan pelaksanaan kejuaraan dunia sepeda yaitu UCI MTB Eliminator World Championships 2023, dengan pertimbangan kondisi kebakaran hutan dan lahan di daerah setempat.

"Gubernur telah mengeluarkan surat pemberitahuan penundaan tersebut," kata Sekda Kalimantan Tengah (Kalteng) Nuryakin dihubungi dari Palangka Raya, Sabtu.

Pemprov Kalteng menyampaikan, pada prinsipnya berterima kasih kepada Indonesian Cycling Federation Pengurus Besar Ikatan Sport Sepeda Indonesia yang mempercayakan provinsi setempat sebagai tuan rumah penyelenggaraan agenda Union Cycliste Internationale Mountain Bike (UCI MTB) Eliminator World Championship 2023 di Kota Palangka Raya dan sudah tersedia dana untuk kegiatan tersebut.

Hanya saja berkaitan pelaksanaan kejuaraan dunia sepeda tersebut yang rencana awal dilaksanakan 15 Oktober 2023, dinilai kurang memungkinkan apabila melihat perkembangan kondisi cuaca dan alam di daerah setempat.

Berdasarkan data Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), saat ini di Kalimantan Tengah mengalami perubahan cuaca ekstrem yang dipicu fenomena El Nino, yang berakibat pada kebakaran hutan dan lahan (karhutla).

Baca juga: Pemprov Kalteng-DPRD Bartim percepat perda cadangan pangan kabupaten

Termasuk di Kota Palangka Raya yang ikut mengalami dampaknya, di antaranya kabut asap dan tingginya partikel debu/pasir di udara serta suhu panas yang meningkat. Fenomena El Nino tahun ini cukup lama, bahkan diperkirakan sampai Januari-Februari 2024.

Oleh karenanya Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah saat ini fokus dalam penanganan mengantisipasi meluasnya kebakaran hutan dan lahan serta melakukan antisipasi dini kepada masyarakat yang terdampak fenomena El Nino, baik dalam hal kesehatan, ketahanan pangan, pendidikan dan lainnya.

Maka berkaitan kondisi tersebut, Gubernur Kalteng memutuskan menunda penyelenggaraan kejuaraan dunia sepeda hingga waktu yang akan ditentukan kemudian.

Baca juga: KIM Damar Digital Jaya wakili Kalteng pada KIMFest 2023

Baca juga: Usai pelantikan Pj Bupati, sejumlah pejabat Pemprov Kalteng bertugas sebagai Plh

Baca juga: Usai dilantik, 10 Pj Bupati/Wali Kota di Kalteng diminta kembangkan program inovatif