Luhut Binsar sakit, Jokowi tunjuk Erick Thohir sebagai tugas harian Menko Marves

id Luhut Binsar,Erick Thohir ,Menko Marves,Luhut Pandjaitan,Jokowi

Luhut Binsar sakit, Jokowi tunjuk Erick Thohir sebagai tugas harian Menko Marves

Arsip foto - Menko Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan (tengah) dan Menteri BUMN Erick Thohir (kiri) menyaksikan sesi kualifikasi saat menghadiri Kejuaraan Dunia Perahu Motor F1 Powerboat (F1H2O) 2023 di Danau Toba, Balige, Sumatra Utara, Sabtu (25/2/2023). ANTARA FOTO/Dhemas Reviyanto/aww/aa.

Jakarta (ANTARA) - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengatakan Menteri BUMN Erick Thohir sudah menjalani tugas harian sebagai Menteri Koordinator Maritim dan Investasi (Menko Marves) Ad Interim untuk menggantikan sementara Luhut Binsar Pandjiatan yang sedang sakit, sehingga tidak ada masalah.

"Ad Interim kan sekarang Menko Marves sudah dipegang Pak Erick, jadi harian sudah tak ada masalah," kata Jokowi kepada wartawan setelah menyaksikan laga Kualifikasi Piala Dunia 2026 antara Indonesia lawan Brunei Darussalam di GBK, Jakarta, Kamis malam.

Jokowi mengajak masyarakat untuk mendoakan Luhut Pandjaitan agar segera diberikan kesembuhan. "Kita berdoa agar Pak Luhut segera diberikan, cepat sembuh, kesembuhan," ujarnya.

Luhut Pandjaitan, melalui akun Instagram pribadinya @luhut.pandjaitan pada Selasa (10/10), menjelaskan bahwa dirinya disarankan oleh dokter untuk beristirahat selama beberapa hari. Kondisi kesehatan Luhut tiba-tiba melemah setelah menghadiri suatu kegiatan.

"Tiba-tiba saya merasa kelelahan yang amat luar biasa. Rasa lelah ini tak seperti yang biasa saya rasakan selepas bekerja," kata Luhut.

Luhut kemudian dibawa istrinya ke salah satu Rumah Sakit di Jakarta untuk tindakan preventif lebih lanjut. Dengan kondisi kesehatan seperti itu, Luhut selama beberapa hari tidak diizinkan oleh tim dokter untuk beraktivitas seperti biasa.

Setelah mendapat tawaran dari kolega-nya yakni Senior Minister Singapura Teo Chee Hean dan Menteri Luar Negeri Singapura Vivian Balakhrisnan, Luhut memutuskan untuk menjalani tahap pemulihan di Singapura, sekaligus melakukan pemeriksaan medis dan evaluasi yang lebih komprehensif.

"Saya ingin menyampaikan rasa terima kasih yang sebesar-besarnya terkhusus kepada Presiden Jokowi yang sudah memberikan tim dokter kepresidenan beserta perawat untuk merawat saya hingga sampai pada kondisi yang telah membaik saat ini," tutur Luhut Pandjaitan.