Harapan Reza Rahadian terhadap industri film Indonesia

id Reza Rahadian, industri film Indonesia

Harapan Reza Rahadian terhadap industri film Indonesia

Ketua Komite FFI 2021—2023 Reza Rahadian (kanan) dan Ketua Komite Bidang Penjurian Festival Film Indonesia (FFI) 2021—2023 Garin Nugroho ditemui usai konferensi pers di Jakarta, Kamis (2/11/2023). ANTARA/Nabil Ihsan.

Jakarta (ANTARA) - Ketua Komite Festival Film Indonesia (FFI) 2023 Reza Rahadian menyampaikan harapannya supaya industri perfilman Indonesia tumbuh semakin baik dan masyarakat Indonesia lebih mencintai film buatan dalam negeri.

“Saya harap,penonton film Indonesia tumbuh terus dan makin banyak pecinta film Indonesia,” kata Reza seusai konferensi pers FFI 2023 di Jakarta, Kamis.

Reza, yang memenangi Piala Citra FFI 2013 atas perannya di film "Habibie dan Ainun" itu, mengatakan bahwa jumlah penduduk Indonesia yang melampaui 200 juta orang merupakan salah satu potensi yang amat besar untuk menyokong kemajuan industri perfilman nasional.

Ia juga berharap semakin beragam film nasional yang dihadirkan bagi masyarakat dan semakin banyak film nasional yang sukses dan menyandang status box office.

Baca juga: Rachel Amanda : Pendidikan jadi cara bertahan di industri film

Sementara itu, ia juga berharap supaya jumlah bioskop di Indonesia terus bertambah, khususnya di daerah pelosok dan daerah-daerah yang masih belum memiliki bioskopnya sendiri.

Ia menyoroti banyaknya pecinta film di daerah-daerah harus mengorbankan waktu hingga berjam-jam untuk pergi ke daerah tetangga demi menonton film kegemarannya karena tidak ada bioskop di daerah asalnya.

“Saya tahu, teman-teman di pelosok daerah kadang-kadang sulit menonton film, sehingga ada yang harus menyetir jauh-jauh kalau ada film favorit yang ditonton atau menghabiskan 2—3 jam naik kendaraan umum ke kota lain,” ucapnya.

Baca juga: Begini tampilan Reza Rahadian saat hadiri HUT RI di Istana Negara

Baca juga: Estelle Linden sempat takut dibenci netizen saat perankan sosok orang ketiga


Terkait Piala Citra FFI 2023, Reza berharap supaya generasi muda selalu mengetahui keberadaan festival tersebut dan terus berkontribusi untuk melahirkan karya-karya perfilman terbaik. Ia juga mengharapkan insan-insan film nasional terus diapresiasi masyarakat.

Malam Anugerah Piala Citra FFI 2023 akan berlangsung pada 14 November di Ciputra Artpreneur Theater Jakarta pukul 19.00 WIB dan disiarkan secara langsung melalui kanal YouTube dan Instagram Festival Film Indonesia.

Sementara itu, daftar nominasi Piala Citra FFI 2023 telah diumumkan 14 Oktober lalu di Museum Nasional.

Baca juga: Reza Rahadian bawakan soundtrack 'Garis Waktu'

Baca juga: Reza Rahadian hadapi tantangan sebagai sutradara 'Sementara, Selamanya'

Baca juga: Reza Rahadian mengaku masih simpan barang mantan