Justin Hubner segera dinaturalisasi

id pssi,erick thohir,naturalisasi,Justin Hubner,asal,belanda

Justin Hubner segera dinaturalisasi

Bek tengah tim nasional U-20 Indonesia Justin Hubner (tengah) menggiring bola pada laga persahabatan kontra Prancis di Pinatar Arena, Murcia, Spanyol, Jumat (18/11/2022), yang berakhir dengan skor 6-0 untuk kemenangan Prancis. (ANTARA/HO-PSSI)

Jakarta (ANTARA) - Ketua Umum PSSI Erick Thohir mengungkapkan pemain asal Belanda Justin Hubner segera dinaturalisasi dan tinggal menunggu keputusan Presiden Joko Widodo untuk menjalani pengambilan sumpah Warga Negara Indonesia (WNI).

"Setelah pembicaraan lebih lanjut, proses naturalisasi salah satu pemain kelahiran Belanda yang memiliki darah keturunan Indonesia Justin Quincy Hubner sudah masuk tahap akhir," kata Erick Thohir melalui akun Instagram pribadinya pada Jumat malam.

"Selanjutnya tinggal menunggu keputusan Presiden dan pengambilan sumpah kewarganegaraan Republik Indonesia," tambahnya.


Pemain Wolverhampton Wanderers berusia 20 tahun itu memiliki darah Indonesia dari ayah, sedangkan ibunya merupakan warga negara Belanda.

Hubner awalnya diminati oleh Pelatih Shin Tae-yong untuk menjadi bagian dari timnas Indonesia yang dipersiapkan untuk mengikuti Piala Dunia U-20.

Meski Indonesia tidak jadi tampil di Piala Dunia U-20, Hubner masih berkeinginan untuk menjadi Warga Negara Indonesia. Erick pun berharap proses naturalisasi sang pemain dapat berjalan lancar.

"Semoga semua tahapan akan berjalan dengan lancar demi memajukan sepak bola Tanah Air," ujar Erick.

Hubner sebenarnya telah menjalani proses naturalisasi berbarengan dengan Ivar Jenner dan Rafael Struick.

Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) sudah menyetujui proses naturalisasi ketiga pemain itu pada sidang paripurna ke-19 masa sidang IV tahun sidang 2022-2023.

Namun saat itu Hubner terlihat plin-plan untuk meneruskan proses menjadi WNI, sebelum akhirnya ia kini menunjukkan komitmennya untuk dapat berseragam merah-putih.