KPU Kotim terima 5.879 kotak suara

id KPU Kotim terima 5.913 kotak suara, kalteng, Sampit, kotim, Kotawaringin Timur, kpu, pemilu

KPU Kotim terima 5.879 kotak suara

Proses pembongkaran dan penyusunan logistik Pemilu 2024 berupa kotak suara yang diterima KPU Kotim, Minggu (26/11/2023). ANTARA/Devita Maulina.

Sampit (ANTARA) - Sebanyak 5.879 kotak suara diterima Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Kotawaringin Timur, Kalimantan Tengah, dalam pendistribusian logistik Pemilu 2024 dari KPU Pusat, Minggu.

“Hari ini KPU Kotim menerima pendistribusian logistik pemilu berupa kota suara sebanyak 5.879 termasuk dengan cadangan 34  yang dikirim melalui Banjarmasin dan tiba di Sampit pagi ini,” kata Ketua KPU Kotim Muhammad Rifqi melalui Divisi Hukum dan Pengawasan KPU Kotim, Ependi di Sampit.

Ribuan kotak suara tersebut diturunkan di gedung futsal indoor dengan diawasi oleh petugas KPU Kotim, Bawaslu, dan Kepolisian.

Ependi menyampaikan, logistik pemilu merupakan perlengkapan yang digunakan untuk menunjang proses pemungutan suara sampai dengan rekapitulasi pemilu, mulai dari tingkat TPS, PPPK, sampai dengan KPU kabupaten.

Penyaluran logistik pemilu 2024 dibagi dalam dua tahap. Sejauh ini ada lima item logistik pemilu yang telah diterima KPU Kotim antara lain, bilik suara sebanyak 4.676 unit,  tinta 2338 botol, segel plastik 30.394 picis, segel stiker 117.277 lembar, dan terbaru kotak suara 5.879.

Untuk logistik pemilu yang berukuran besar, seperti kotak suara, segel stiker, dan bilik suara, disimpan di gedung futsal indoor kompleks Stadion 29 Nopember Sampit. Sedangkan, sisanya disimpan di Kantor KPU Kotim.

Baca juga: Bonus atlet Kotim peraih medali Porprov diserahkan Desember

“Logistik yang sudah data sejauh ini merupakan logistik tahap pertama, kemungkinan pada awal Desember logistik tahap kedua akan didistribusikan, meliputi kelengkapan TPS, tapi kami juga menunggu informasi dari KPU Provinsi,” lanjutnya.

Ia menambahkan, penyaluran logistik pemilu dari KPU Kotim ke Ad Hoc pemilu paling lambat dilaksanakan H-7 sebelum pemungutan suara, setiap TPS akan menerima 5 kotak suara dan 4 bilik suara, serta perlengkapan lainnya.

Dengan demikian, pendistribusian logistik pemilu dari Pusat pun harus sudah selesai paling tidak seminggu sebelum waktu tersebut karena perlu dilakukan proses pelipatan kotak dan bilik suara, serta pengepakan.

Untuk memastikan keamanan logistik pemilu, KPU Kotim dari jauh-jauh hari telah berkoordinasi dengan Polres setempat dan Bawaslu untuk menjaga logistik setiap hari selama 24 jam sampai hari penyaluran tiba.

Sementara itu, berdasarkan hasil rekapitulasi dan penetapan Daftar Pemilih Tetap (DPT) Kotim yang dilaksanakan KPU setempat beberapa waktu lalu, ditetapkan ada 303.608 DPT untuk pemilu 2024. Jumlah itu terdiri dari 155.832 laki-laki dan 147.776 perempuan.

Untuk lokasi TPS berjumlah 1169 TPS, di antaranya ada 11 TPS Khusus yang terbagi di 3 perusahaan dan 1 lembaga permasyarakatan.

Baca juga: Bupati Kotim janji tambah anggaran MUI

Baca juga: Bupati sebut peluang usaha properti di Kotim masih menjanjikan

Baca juga: Bangga raihan juara Kotim pada MTQH Kalteng, bupati bagikan bonus