PSG menang di kandang Le Havre untuk puncaki klasemen

id psg,menang,kandang,Le Havre,liga prancis

PSG menang di kandang Le Havre untuk puncaki klasemen

Pemain Paris St Germain Achraf Hakimi (tengah) bersama Kylian Mbappe dan Vitinha merayakan golnya ke gawang Borussia Dortmund pada laga pertama Liga Champions di Parc des Princes, Paris, Prancis, Selasa (19/9/2023). Les Parisiens menang 2-0 berkat gol Mbappe dan Hakimi. ANTARA FOTO/REUTERS/Benoit Tessier/rwa.

Jakarta (ANTARA) - PSG meraih kemenangan 2-0 di markas Le Havre, Stade Oceane, berkat gol-gol yang dibukukan oleh Kylian Mbappe dan Vitinha pada Minggu, untuk memuncaki klasemen sementara Liga Prancis..

Setelah bermain dengan 10 pemain sejak menit ke-10 akibat kartu merah yang diterima kiper Gianluigi Donnarumma, gol indah dari Mbappe pada menit ke-23 membuka keunggulan PSG. Namun raihan tiga poin baru dipastikan pada fase akhir laga saat gelandang Portugal Vitinha mengemas gol kedua PSG saat waktu normal tinggal menyisakan satu menit.

"(Saya) sangat bangga dengan apa yang ditunjukkan oleh tim, mentalitas, kemampuan untuk beradaptasi dengan hal-hal berbeda yang terjadi selama pertandingan, dan semangat tim," kata pelatih PSG, Luis Enrique, seperti dikutip dari AFP.

"Kami menunjukkan tekad untuk bertahan yang lebih dari biasanya, dan kami bertahan dengan sangat baik. Kami tidak memberikan terlalu banyak peluang dan peluang lawan yang ada berhasil diatasi oleh Arnau (Tenas)," tambah Enrique.

Kiper cadangan berusia 22 tahun itu, membuat debut profesionalnya secara mengejutkan ketika dipanggil untuk mengisi posisi Donnarumma pada menit ke-12.

"Dia (Tenas) jelas adalah seorang profesional papan atas, dia berlatih setiap hari seolah-olah itu hari terakhirnya," kata Enrique.


Kartu merah Donnarumma

Le Havre memulai pertandingan dengan baik dan memenangi serangkaian tendangan sudut awal. Salah satu tendangan sudut itu memaksa PSG melakukan pergantian pemain saat Fabian Ruiz mengalami cedera bahu kanannya ketika mempertahankan bola mati.

Namun, serangan panjang yang akhirnya merusak pertahanan PSG terjadi saat bola sapuan tidak ditangani dengan baik oleh Nordi Mukiele, sehingga memungkinkan Josue Casimir bergerak masuk sebelum akhirnya dilanggar oleh Donnarumma.

Upaya sang kiper Italia untuk mengamankan gawangnya berujung pada aktivitas menarik bagian atas bahu Casimir di luar kotak penalti. Wasit pun tidak punya pilihan lain selain memberikan kartu merah.

Meskipun kekurangan jumlah pemain dan kehilangan Bradley Barcola, yang digantikan oleh kiper Tenas, PSG mampu memecah kebuntuan.

Ousmane Dembele mengirimkan umpan terobosan ke Mbappe, dan sentuhan pertama kapten PSG itu dilakukan dengan membawa bola menerobos pertahanan lawan, dan dengan ruang yang ada, ia mengecoh kiper dari dalam kotak penalti, untuk membobol gawang tuan rumah.

Pada babak kedua tuan rumah mulai lebih berani menekan, dan penyelamatan gemilang Tenas pada menit ke-64 serta intersep Danilo Pereira tiga menit kemudian yang membuat gawang PSG tetap aman.

Dembele memiliki peluang bagus untuk mencetak gol kedua PSG pada menit ke-70, namun Christopher Operi yang mundur berhasil menggagalkan upaya pemain sayap tersebut.

Tenas kemudian kembali menyelamatkan PSG melalui penyelamatan ganda yang sangat baik di dekat tiangnya dari ancaman Nabil Alioui saat laga tinggal menyisakan 12 menit.

Kemenangan akhirnya dipastikan pada menit ke-89 ketika serangan PSG ke wilayah Le Havre berujung tembakan jarak jauh oleh Vitinha, yang sempat terdefleksi sebelum melambung dan masuk ke dalam gawang tuan rumah.

Dalam pertandingan Minggu sore, AS Monaco memanfaatkan kesalahan Nice sehari sebelumnya untuk memperkecil selisih menjadi dua poin dengan kemenangan 2-0 di kandang melawan Montpellier.

Takumi Minamino membawa tuan rumah unggul pada menit kesembilan menit, dan Wissam Ben Yedder memastikan kemenangan timnya pada fase akhir laga.

Brest menyingkirkan Clermont 3-0 berkat dwigol Romain Del Castillo dan gol dari Mathias Pereira Lage. Sedangkan Toulouse dan Lorient berbagi satu poin setelah bermain imbang 1-1.