Berikut empat kiat liburan akhir tahun nan hemat

id liburan,tips liburan,akhir tahun,airasia MOVE

Berikut empat kiat liburan akhir tahun nan hemat

Mockup aa Superapp - 2. Ilustrasi mengatur rencana perjalanan liburan akhir tahun. (ANTARA/HO/airasia MOVE)

Jakarta (ANTARA) - Sering kali keterbatasan anggaran membatasi keinginan seseorang untuk segera merealisasikan destinasi liburan, Tren Wisatawan airasia MOVE  2023 mencatat bahwa harga menjadi faktor penentu preferensi para pelaku perjalanan.

Survei airasia MOVE tersebut menunjukkan bahwa keberadaan promo dan program loyalitas menjadi stimulus yang berpengaruh terhadap keputusan bertransaksi. Hal itu tampak pada 74 persen pengguna aplikasi tersebut memilih hotel berkisar harga Rp800 ribu hingga Rp1,3 Juta.

Pada pengujung tahun kali ini, airasia Superapp (yang akan segera berganti nama menjadi airasia MOVE) membagikan sejumlah kiat untuk mewujudkan resolusi liburan yang ramah kantong alias hemat biaya, dalam siaran pers di Jakarta, Rabu.

1. Mengatur skala prioritas pengeluaran

Membeli cenderamata mungkin tidaklah terasa mahal, namun, berpotensi menjadi sumber pengeluaran yang tidak terkontrol jika dilakukan tanpa batasan. Buatlah skala prioritas dalam berbelanja untuk hal yang esensial demi menghindari pembelian impulsif.

Sedikit saran, utamakan alokasi bujet untuk mengeksplorasi tempat wisata ataupun kuliner yang hanya dapat ditemukan di destinasi tersebut supaya pengalaman liburan jauh lebih berkesan.

Baca juga: Berikut lima cara agar liburan akhir tahun tak terlupakan

2. Memilih akomodasi yang dapat diakses dengan berbagai macam moda transportasi

Pilihlah akomodasi yang dapat dijangkau oleh berbagai macam moda transportasi. Dengan begitu, wisatawan dapat menyesuaikan pilihan transportasi dengan bujet yang dimiliki.

Apabila berencana untuk berlibur ke Bali, Malaysia, atau Thailand, tersedia layanan taksi daring airasia ride untuk transportasi dari dan menuju bandara. Pengguna bisa menikmati beragam promo menguntungkan dan juga memanfaatkan fitur ‘Pemesanan Terjadwal’ yang dapat digunakan lintas kota ataupun negara.

3. Mencari paket

Bila dibandingkan dengan memesan hotel dan tiket pesawat secara terpisah, memilih paket atau bundling seperti yang ditawarkan dalam paket SNAP terbilang lebih ekonomis juga praktis. Paket SNAP akan secara otomatis mengkalkulasi jumlah tiket pesawat dan kamar hotel sesuai banyaknya orang yang Anda daftarkan. Kemudian, sistem akan menyortir pilihan maskapai, jadwal penerbangan, serta hotel.

Tentunya, paket seperti itu sangat membantu perencanaan liburan, terutama jika bepergian bersama keluarga besar.

Baca juga: Tips agar liburan sekolah lebih seru

“Kami memahami adanya pricing sensitivity (sensitivitas terhadap harga) pada pengguna aplikasi airasia Superapp. Untuk itu, kami berusaha mengakomodir perilaku pembelian tersebut ke dalam bundling SNAP. Paket ini mengombinasikan harga terendah tiket pesawat dari berbagai maskapai global ternama dengan rate hotel terbaik dalam satu pemesanan,” kata Acting Country Lead airasia Superapp Indonesia Arbi Wienandar.

4. Manfaatkan program loyalitas

Strategi pamungkas untuk liburan hemat adalah optimalisasi manfaat poin loyalitas. Serupa dengan miles kartu kredit, program loyalitas terintegrasi pada maskapai penerbangan memberikan kemudahan bagi seluruh pengguna untuk mengumpulkan dan menukarkan poin pada setiap transaksi di dalam aplikasi, hingga konversi poin dari platform bank dan mitra lainnya.

Baca juga: Tips menjaga kesehatan mata saat liburan

Baca juga: Tips berlibur bersama keluarga agar irit biaya

Baca juga: Tips kembalikan produktivitas setelah liburan