Ini prakiraan cuaca di Sampit saat malam tahun baru

id Ini prakiraan cuaca di Sampitsaat malam tahun baru, kalteng, Sampit, kotim, Kotawaringin Timur, tahun baru, bmkg sampit

Ini prakiraan cuaca di Sampit saat malam tahun baru

Prakirawan BMKG Kotim memantau perkembangan kondisi cuaca yang dipancarkan melalui satelit. ANTARA/Devita Maulina. 

Sampit (ANTARA) - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Kotim Stasiun Meteorologi Haji Asan Sampit memprakirakan cuaca di Kota Sampit, Kabupaten Kotawaringin Timur, Kalimantan Tengah pada malam pergantian tahun 2023 menuju 2024 diperkirakan dalam kondisi berawan.

“Untuk puncak acara pergantian tahun pada pukul 00:00 WIB diperkirakan cuaca berawan untuk seluruh wilayah Kotim, jadi selamat merayakan pergantian tahun baru bagi seluruh warga Kotim,” kata Kepala BMKG Kotim Musuhanaya melalui Prakirawan Lyla Affifah di Sampit, Sabtu. 

Menyambut malam pergantian tahun masyarakat pada umumnya akan melaksanakan berbagai perayaan. Mulai dari sekadar menggelar acara kuliner bakar-bakaran, pesta kembang api, sampai menghadiri festival yang khusus digelar dalam rangka tahun baru. 

Untuk itu, faktor cuaca menjadi salah satu hal yang perlu diperhatikan supaya menjadi pertimbangan dalam memilih cara untuk merayakan malam tahun baru. 

Dalam hal ini BMKG Kotim membagikan prakiraan cuaca yang berlaku mulai dari pukul 07:00 WIB, 31 Desember 2023 hingga pukul 07:00 WIB, 1 Januari 2024.

“Untuk malam tahun baru kali ini diperkirakan aman, secara umum hujan diperkirakan terjadi antara siang sampai sore hari dan untuk beberapa wilayah sampai malam hari, tapi pada puncak pergantian tahun diperkirakan cuaca berawan,” jelas Lyla. 

Lebih jelasnya, untuk prakiraan cuaca di Kabupaten Kotim per kecamatan pada tanggal yang disebutkan di atas, sebagai berikut;

Kecamatan Baamang, Mentawa Baru Ketapang, Seranau, Kota Besi, Cempaga, Mentaya Hilir Selatan, Mentaya Hilir Utara Pulau Hanaut dan Telawang pada pukul 07:00 WIB hingga 09:00 WIB dalam kondisi berawan. 

Baca juga: Sidang keliling disambut antusias masyarakat di pelosok

Lalu, pada pukul 10:00 WIB hingga 19:00 WIB diperkirakan terjadi hujan ringan. Kemudian, pukul 22:00 WIB hingga 07:00 WIB diperkirakan cuaca berawan. 

Sementara, untuk Kecamatan Antang Kalang diperkirakan diguyur hujan dari pukul 07:00 WIB hingga 16:00 WIB, lalu dari pukul 19:00 WIB hingga 07:00 WIB cuaca cerah berawan. 

Sedangkan, Kecamatan Bukit Santuai, Cempaga Hulu, Mentaya Hulu, Parenggean, Telaga Antang, Teluk Sampit dan Tualan hulu diperkirakan pada pukul 07:00 WIB hingga 09:00 WIB dalam kondisi berawan. 

Lalu, pada pukul 10:00 WIB hingga 16:00 WIB diperkirakan terjadi hujan ringan. Kemudian, pukul 19:00 WIB hingga 04:00 WIB diperkirakan cuaca berawan dan pada pukul 05:00 WIB hingga 07:00 WIB kembali hujan ringan. 

Namun, ia mengingatkan prakiraan cuaca ini sewaktu-waktu bisa mengalami perubahan akibat sejumlah faktor, seperti perubahan atmosfer dan lainnya. Sehingga, tidak ada salahnya mengambil langkah antisipasi sesuai dengan kondisi cuaca saat ini. 

Di samping itu, BMKG Kotim juga merilis prakiraan cuaca di sejumlah tempat wisata khusus akhir pekan yang berlaku hingga 31 Desember 2023. Supaya menjadi acuan bagi warga yang berniat berlibur ke tempat wisata. 

Objek wisata Ikon Jelawat, Susur Sungai Mentaya, dan Pantai Satiruk diperkirakan dalam kondisi berawan pada pagi hari, lalu hujan ringan pada siang hari, kemudian hujan sedang di malam hari dan kembali berawan pada dini hari. 

Adapun, untuk objek wisata Pantai Ujung Pandaran, Pantai Tebing Kalap, dan Pantai Sungai Bakau diperkirakan dalam kondisi hujan ringan dari pagi hari hingga siang hari, kemudian berawan pada malam hari hingga dini hari.

Baca juga: PN Sampit bertekad tingkatkan prestasi

Baca juga: Bupati berharap pengembangan terminal penumpang Pelabuhan Sampit kembali diprogramkan

Baca juga: Umat Kaharingan di Kotim tutup 2023 dengan Mamapas Lewu