Pemkab bersama Forkopimda Barsel bersinergi sukseskan pemilu

id Pemkab bersama ForkopimdaBarsel komitmensukseskanpemilu, kalteng, barsel, Barito Selatan, politik, pemilu, caleg

Pemkab bersama Forkopimda Barsel bersinergi sukseskan pemilu

Penjabat Bupati Barito Selatan, DR Deddy Winarwan saat memimpin rapat koordinasi Forkopimda, di Buntok, Selasa (23/1/2024). ANTARA/Bayu Ilmiawan

Buntok (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Barito Selatan, Kalimantan Tengah bersama Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) mendukung suksesnya pelaksanaan Pemilihan Umum (Pemilu) pada 14 Februari 2024.

"Kita bersama Polres, Kodim, DPRD, Kejaksaan Negeri, Pengadilan Negeri, Pengadilan Agama bersama-sama untuk bersinergi membantu Komisi Pemilihan Umum (KPU) dan Bawaslu dalam menyukseskan penyelenggaraan pemilu," kata Penjabat Bupati Barito Selatan, Deddy Winarwan usai memimpin rapat koordinasi Forkopimda, di Buntok, Selasa.

Ia mengatakan, dukungan terhadap pelaksanaan pemilu tersebut sudah dilakukan pembahasan bersama dengan KPU dan Bawaslu Barito Selatan pada rapat Forkopimda yang rutin dilaksanakan dalam setiap bulannya tersebut.

"Termasuk juga dukungan kita dalam hal pendistribusian surat suara dan logistik pemilu," ucap Deddy Winarwan.

Menurut dia, karena kondisi geografis Kabupaten Barito Selatan, pendistribusian surat suara ini nantinya akan dilakukan KPU Barito Selatan melalui jalur sungai dan sebagian lagi didistribusikan melalui jalur darat.

"Karena kondisi cuaca musim hujan, KPU Barito Selatan memerlukan bantuan dan dukungan sarana dan prasarana mobil dobel gardan dalam pendistribusian surat suara pemilu," jelasnya.

Berdasarkan hasil rapat tersebut lanjut dia, pihaknya akan meminjamkan sarana dan prasarana transportasi berupa mobil dobel gardan kepada KPU Barito Selatan untuk pendistribusian logistik pemilu tersebut.

Baca juga: Kejati Kalteng tahan tiga tersangka dugaan korupsi dana BOK Dinkes Barsel

Selain dukungan terhadap pelaksanaan pemilu, pada rapat ini juga telah dibahas bersama terkait penanganan banjir yang saat ini terjadi di Barito Selatan.

"Jajaran Forkopimda turun ke lapangan untuk penanganan banjir sesuai dengan kewenangannya masing-masing," kata Deddy Winarwan.

Sementara Kapolres Barito Selatan, AKBP Asep Bangbang Saputra mengatakan, pihaknya akan menurunkan personel untuk pengamanan pemilu.

"Personel yang diturunkan tersebut, baik dalam proses pengamanan di tempat pemungutan suara (TPS) pada hari pelaksanaan pemilu maupun dalam pendistribusian logistik dari kantor KPU menuju ke kecamatan hingga ke tingkat desa," kata dia.

Terkait dengan banjir, pihaknya juga akan menurunkan personel mendukung pemerintah Kabupaten Barito Selatan membantu masyarakat di daerah ini.

"Kita mengimbau kepada masyarakat untuk menjaga keluarga dan anaknya masing-masing dan kita juga mengimbau kepada masyarakat agar jangan mendekati sumber air yang debitnya masih tinggi demi keselamatan bersama," ujarnya.

Baca juga: Pj Bupati Barito Selatan terobos banjir salurkan bansos ke sejumlah desa

Baca juga: Pemkab Barito Selatan tetapkan Status Tanggap Darurat Bencana Banjir

Baca juga: Pemkab Barsel raih predikat inovatif peringkat pertama