Jokowi bagikan sembako terkait Pemilu pada Januari 2024 hoaks!

id Jokowi,Kalteng,Hoaks,TikTok

Jokowi bagikan sembako terkait Pemilu pada Januari 2024 hoaks!

Presiden Joko Widodo (kedua kanan) menyapa warga saat mengunjungi Pasar Mungkid, Magelang Jawa Tengah, Senin (29/1/2024). Dalam kunjungannya, Presiden Jokowi berdialog dengan sejumlah pedagang sekaligus memantau harga sembako. ANTARA FOTO /Anis Efizudin/foc.

Jakarta (ANTARA) - Sebuah konten yang beredar di platform TikTok membagikan narasi yang menyebutkan Presiden Jokowi membagikan sembako di depan Istana Negara, Jakarta Pusat, pada Januari 2024.

Sang narator dalam video TikTok itu mengaitkan kegiatan Kepala Negara dengan Pemilu 2024, yang akan digelar pada 14 Februari mendatang.

Narator tersebut juga menyebut bahwa pembagian sembako gratis itu menjadi bagian kampanye yang dilakukan Presiden Jokowi, untuk mendukung salah satu pasangan calon peserta Pemilu Presiden 2024.

Terlihat pula sosok Menteri BUMN Erick Thohir dalam rekaman kegiatan yang diklaim belum lama berlangsung ini.

"Ketika Kegiatan Sekelas RT dilakukan di depan Istana. Segitu paniknya, katanya surveinya tertinggi. Kenapa harus dibantu oleh penguasa ini ya?," demikian kutipan narasi yang dibahas di video TikTok itu.

Lalu benarkah Presiden Jokowi bagikan sembako terkait Pemilu pada Januari 2024?

Penjelasan:
Faktanya, kegiatan bagi-bagi sembako itu bersih dari unsur kampanye serta Pemilu 2024, lantaran video sebenarnya sudah beredar sejak April 2023. 

Pembagian sembako tersebut dilakukan pada 13 Maret 2023, dalam rangka menyambut Hari Raya Idul Fitri 2023, yang berlangsung pada 22 April dan 23 April 2023.

"Presiden Joko Widodo didampingi Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir membagikan paket sembako kepada ribuan pengemudi ojek daring dan ojek pangkalan yang melintas di sekitar Istana Merdeka, Jalan Medan Merdeka Utara, Jakarta Pusat, Kamis," demikian laporan ANTARA pada 13 April 2023.

Rekaman digitalnya juga dapat dilihat di sini.

Saat kegiatan tersebut berlangsung, Komisi Pemilihan Umum (KPU) belum menetapkan pasangan calon peserta Pemilu 2024. Jadwal penetapan paslon Pilpres adalah 13 November 2024.

Tahapan kampanye pun belum dalam video aslinya belum berlangsung. 

Dengan demikian, narasi yang disematkan dalam video di TikTok itu adalah hoaks yang berisiko menjadi fitnah.

Klaim: Presiden Jokowi bagikan sembako terkait Pemilu pada Januari 2024
Rating: Hoaks