Fisipol UMPR tingkatkan kemampuan menulis karya ilmiah dosen dan mahasiswa

id umpr,karya tulis ilmiah,perguruan tinggi,fisipol

Fisipol UMPR tingkatkan kemampuan menulis karya ilmiah dosen dan mahasiswa

Fisipol UMPR tingkatkan kemampuan menulis karya ilmiah dosen-mahasiswa di Palangka Raya. (ANTARA/HO-Fisipol UMPR)

Palangka Raya (ANTARA) - Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Muhammadiyah Palangkaraya (Fisipol UMPR), Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng) terus berupaya meningkatkan kemampuan menulis karya tulis ilmiah pada dosen dan mahasiswa setempat.

"Salah satu upaya ini kami lakukan melalui pelatihan penulisan karya tulis ilmiah bagi mahasiswa dan dosen yang masing-masing dilakukan terpisah," kata Dekan Fisipol UMPR Dr Irwani di Palangka Raya, Minggu.

Dia menerangkan, peningkatan kemampuan penulisan karya tulis ilmiah bertajuk "PUBLISHWISE - 'Publishing Improvement Strategies For Higher Writing Excellence" ini secara keseluruhan digelar dua hari pada Kamis dan Jumat kemarin.

Peserta mahasiswa dari program studi Ilmu Komunikasi dan Administrasi semester enam mengikuti pelatihan selama sehari. Sedangkan seluruh dosen Fisipol UMPR juga mengikuti pelatihan selama sehari pada hari berikutnya.

Irwani mengatakan, bagi mahasiswa pelatihan penulisan karya tulis ilmiah ini sebagai salah satu program pengembangan keterampilan penulisan.Kemudian juga untuk meningkatkan pemahaman struktur dan format penulisan karya tulis ilmiah.

"Maka dengan demikian mahasiswa mampu memahami langkah-langkah dan sebagai penguatan dalam mengerjakan tugas akhir kuliah," katanya.

Baca juga: UMPR terus dorong inklusivitas dalam meraih pendidikan tinggi

Selanjutnya, bagi dosen di Fisipol UMPR, pelatihan ini sebagai peningkatan kualitas penelitian dan publikasi, sehingga membantu dosen untuk menghasilkan karya tulis ilmiah yang dapat dipublikasikan.

"Maka pada pelatihan ini juga dipaparkan mengenai pengetahuan dan keterampilan yang dibutuhkan untuk mengakses dan menggunakan sumber daya penelitian yang relevan, seperti basis data ilmiah, jurnal-jurnal terkemuka, dan sumber informasi lainnya," kata Irwani.

Turut sebagai pemateri pada pelatihan penulisan itu adalah Dosen Prodi Ilmu Pemerintahan Fisip Universitas Muhammadiyah Malang (UMM), Jawa Timur Dr Salahudin.

Di sisi lain, Rektor UMPR Dr Muhammad Yusuf mengatakan sejak didirikan pada tahun 1987, dengan visinya yang berbunyi “Unggul dalam Ilmu Pengetahuan dan Teknologi berlandaskan Iman dan Taqwa”, UM Palangkaraya terus berkembang menuju perguruan tinggi Muhammadiyah yang berkemajuan.

Dalam upaya untuk mencapai visi tersebut, UM Palangkaraya saat ini terus membenahi diri. Pada satu sisi, pembenahan itu dimaksudkan untuk mempercepat pencapaian visi dan misi UM Palangkaraya, dan di sisi lain dimaksudkan untuk memenuhi tuntutan pemerintah dan masyarakat akan perguruan tinggi yang bermutu.

Baca juga: ANTARA bekali mahasiswa Fisipol cara komunikasi dalam tuntutan pergaulan global

Baca juga: ANTARA-UMPR terus kolaborasi penyebaran informasi pendidikan tinggi

Baca juga: Fisipol UMPR berangkatkan lima mahasiswa program Pertukaran Mahasiswa Merdeka