ANTARA bekali mahasiswa Fisipol cara komunikasi dalam tuntutan pergaulan global

id ANTARA bekali mahasiswa Fisipol cara komunikasi dalam tuntutan pergaulan global, kalteng, umpr, Palangka Raya

ANTARA bekali mahasiswa Fisipol cara komunikasi dalam tuntutan pergaulan global

Kuliah Umum di Fisipol UMPR di Palangka Raya, Jumat (23/2/2024). ANTARA/HO-Fisipol UMPR

Palangka Raya (ANTARA) - Redaktur Pelaksana 3 Lembaga Kantor Berita Nasional (LKBN) ANTARA Suryanto membekali mahasiswa Program Studi Ilmu Komunikasi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (Fisipol), Universitas Muhammadiyah Palangkaraya (UMPR), Kalimantan Tengah (Kalteng) terkait komunikasi dalam tuntutan pergaulan global. 

"Hari ini kami melaksanakan kuliah umum dengan menghadirkan Redpel 3 LKBN ANTARA bapak Suyanto. Beliau membekali mahasiswa kami dengan materi bertema komunikasi tuntutan pergaulan global," kata Dekan Fisipol UMPR Dr Irwani di Palangka Raya, Jumat. 

Dia menerangkan, tema tersebut dipilih merujuk pada pola berkomunikasi secara efektif dalam konteks global yang semakin terhubung dalam era globalisasi. Gambarannya, interaksi semakin meningkat, kemampuan untuk berkomunikasi dengan orang dari berbagai latar belakang menjadi sangat penting.

Selain itu, perkembangan teknologi komunikasi terus berlanjut dengan pesat, memengaruhi cara kita berinteraksi, bekerja, dan hidup. Maka melalui kuliah umum yang dilaksanakan selama dua jam ini mahasiswa Ilmu Komunikasi Fisipol semakin diperkaya khazanah keilmuannya dari orang-orang yang luar biasa dan berpengalaman di bidangnya. 

"Kami pun optimistis para mahasiswa yang mengikuti kuliah umum hari ini akan mendapatkan pengalaman dan keilmuan yang luar biasa. Ini sebagai penambah bekal menghadapi persaingan dan tantangan komunikasi di era global, " kata Irwani. 

Baca juga: ANTARA-UMPR terus kolaborasi penyebaran informasi pendidikan tinggi

Pada kuliah umum itu Dr Irwani turut didampingi Wakil Dekan I Fisipol UMPR Dr Junaidi dan Kepala Program Studi Ilmu Komunikasi Annisa Rizki Ananda MIKom. 

Mahasiswa harus bijak dalam memilah informasi di media sosial dan tidak terjebak ikut menyebarkan berita bohong atau hoaks. Cek kebenaran informasi ke media-media terpercaya dan kredibel sebelum membagikan (share) ke orang lain.

ANTARA salah satunya, sebagai kantor berita selalu mengutamakan akurasi dalam menyajikan berita, selain juga menjaga etika dan budaya bangsa.

Redpel 3 LKBN ANTARA Suryanto mengatakan, di tengah mudah dan cepatnya arus informasi berkembang dan menyebar, para mahasiswa sebagai agen perubahan harus mampu menyaring setiap informasi yang diperoleh sebelum menyebarkan kembali kepada khalayak. 

"Salah satunya seperti yang dilakukan ANTARA sebagai lembaga kantor berita negara yang menjaga etika dan budaya nasional dengan menghadirkan informasi yang akurat, " katanya. 

Dia menerangkan, ANTARA adalah BUMN yang netral dengan posisinya sebagai media. Lembaga ini pun terus berusaha menjaga kredibilitas berita dan selalu memilah berita melalui penyaringan serta cek dan ricek.

Baca juga: Fisipol UMPR berangkatkan lima mahasiswa program Pertukaran Mahasiswa Merdeka

Baca juga: Fisipol UMPR Kalteng terjunkan 200 relawan awasi pencoblosan Pemilu 2024

Baca juga: Penggabungan Kampus STIP ke UMPR rampung menjadi 25 prodi