Makan apel bisa bantu cegah penyakit kronis

id apel,penyakit kronis,makan buah

Makan apel bisa bantu cegah penyakit kronis

Arsip-Wisatawan memetik buah apel di objek wisata petik buah apel di Kota Batu, Jawa Timur. Antara Jatim/Destyan Sujarwoko/ZK.

Jakarta (ANTARA) -
Seorang pakar kesehatan usus membagikan informasi bahwa mengonsumsi apel sangat bermanfaat bagi kesehatan secara keseluruhan dan membantu mencegah penyakit kronis.
 
Ditulis laman New York Post, Selasa (27/2), ia mencatat bahwa apel adalah sumber serat yang baik, dengan apel berukuran sedang mengandung sekitar 4,4 gram serat.
 
Apel juga mengandung fitokimia dalam jumlah yang “gila”, yaitu senyawa nabati yang dapat membantu mencegah penyakit kronis.
 
“Fitokimia memiliki khasiat penyembuhan yang membantu melindungi Anda dari penyakit dan kanker tertentu,” jelas Bulsiewicz.

Baca juga: Buah yang baik untuk penderita diare
 
Apel juga merupakan sumber probiotik yang baik, katanya, seraya menambahkan bahwa seperti manusia, tumbuhan juga memiliki mikrobioma. Mikrobioma apel membantunya tumbuh dari bunga kecil menjadi buah yang sudah berkembang sempurna.
 
Satu buah apel mengandung sekitar 100 juta bakteri, dan para ilmuwan percaya, mikroba dari makanan kita berinteraksi dengan baik dengan mikroba yang ada di usus.

Terakhir, dia menjelaskan, setiap spesies apel memiliki kualitas uniknya masing-masing, namun serat, fitokimia, dan mikroba semuanya berkontribusi terhadap kesehatan manusia secara keseluruhan.

Namun hanya mengonsumsi apel saja tidak akan menyembuhkan segalanya. Ahli diet terdaftar yang berbasis di Charleston, Lauren Manaker, RDN mengatakan perlu pola makan seimbang dan pilihan gaya hidup sehat yang jadi komponen penting untuk menjaga kesehatan secara keseluruhan.

Baca juga: Ini manfaat cuka sari apel untuk kesehatan rambut

“Kebanyakan orang Amerika tidak mengonsumsi porsi buah dan sayuran yang direkomendasikan setiap hari, jadi memasukkan apel ke dalam makanan Anda dapat membantu mencapai tujuan ini,” katanya.

American Heart Association merekomendasikan empat hingga lima porsi buah dan sayuran setiap hari.

Sementara ahli diet terdaftar Courtney Coe mengatakan mengonsumsi sebuah apel sehari tidak akan merugikan Anda, namun tanpa pola makan yang bergizi, hal tersebut mungkin tidak memberikan manfaat sebanyak yang diperkirakan.

Coe mengingatkan penting untuk memasukkan protein, lemak anti-inflamasi, karbohidrat kompleks, buah-buahan, dan sayuran ke dalam makanan Anda setiap hari karena profil nutrisi untuk setiap kelompok makanan berbeda, dan bekerja paling baik jika digabungkan.

Baca juga: Cegah kelemahan di usia lanjut dengan konsumsi apel

Baca juga: Muffin apel cocok untuk sarapan berprotein

Baca juga: Buah yang baik untuk penderita diare