Sisca Soewitomo bagikan kiat siapkan hidangan untuk sahur dan buka puasa

id Sisca Soewitomo ,hidangan sahur,buka puasa,masak

Sisca Soewitomo bagikan kiat siapkan hidangan untuk sahur dan buka puasa

Head of Marketing MR.DIY Indonesia Ria Sutrisno (kiri) dan Profesional Chef Sisca Soewitomo (kanan) saat akan masak bersama. (ANTARA/ Ho. MR DIY)

Jakarta (ANTARA) - Pakar kuliner Sisca Soewitomo membagikan kiat menyajikan hidangan untuk sahur dan buka puasa bagi keluarga dalam kelas memasak yang diselenggarakan oleh pengelola ritel MR.DIY.

Ahli boga itu menyampaikan pentingnya menyajikan makanan dengan kandungan gizi seimbang pada saat sahur maupun berbuka puasa agar seluruh anggota keluarga punya cukup energi untuk menjalankan puasa.

"Saat sahur, lebih baik menentukan menu yang sederhana dengan rasa yang tidak pedas atau terlalu asam. Kemudian, penggunaan protein hewani seperti telur bisa kita kreasikan dengan menambahkan sayur menjadi fuyunghai," katanya sebagaimana dikutip dalam siaran pers MR.DIY pada Jumat.

Baca juga: Hindari makanan ini saat sahur

"Untuk berbuka puasa, makanan manis yang kaya akan gizi seperti puding santan saus mangga ditambah dengan tampilan yang lucu tentunya akan menarik perhatian si kecil," ia menambahkan.

Sisca menyarankan penyusunan rencana menu dan daftar belanja setiap pekan guna memudahkan penyiapan hidangan untuk sahur maupun berbuka puasa selama bulan Ramadhan.

"Setiap akhir minggu, kita bisa mencuci dan memotong bahan-bahan sesuai dengan menu dan porsi yang sudah direncanakan sebelumnya. Tentunya dengan food preparation (penyiapan makanan) yang baik akan membuat sahur dan berbuka menjadi lebih mudah dan singkat," katanya.

Baca juga: Tips pilih asupan makanan sahur agar puasa bernergi

Kepala Pemasaran MR.DIY Indonesia Ria Sutrisno menyampaikan bahwa perusahaan mengadakan kelas memasak dalam program #berkahjadimudah untuk membantu para ibu menyiapkan hidangan untuk sahur dan berbuka puasa.

"Kami memahami bahwa menyiapkan hidangan saat bulan puasa menjadi hal yang penting terutama bagi seorang ibu. Apalagi bagi yang memiliki anak, mempersiapkan masakan sahur dan berbuka bagi si kecil tentu menjadi tantangan tersendiri," katanya.

"Oleh karena itu, kami memilih tema ini untuk membantu para ibu-ibu untuk mendapatkan ide mempersiapkan menu sahur dan berbuka bagi keluarga di rumah," ia menambahkan.

Selain menyelenggarakan kelas memasak, MR. DIY mengadakan acara buka puasa bersama dan berbagi kebahagiaan dengan anak yatim pada bulan Ramadhan.

MR.DIY juga mengadakan program promosi BERKAH RAMADAN. Dalam program itu, pelanggan yang berbelanja minimal Rp50 ribu bisa memasukkan foto dan kode unit pada struk ke situs web mrdiy.id/berkahramadan untuk mendapatkan hadiah berupa voucher belanja, telepon genggam, motor, hingga kulkas.

Baca juga: Ahli gizi ingatkan pentingnya sahur tak asal kenyang

Baca juga: Tips sajikan menu sahur dan buka puasa untuk si kecil

Baca juga: Ini penyebab munculnya kantuk usai sahur dan berbuka puasa