Spotify merilis fitur Miniplayer untuk aplikasi di desktop

id Spotify,Miniplayer

Spotify merilis fitur Miniplayer untuk aplikasi di desktop

Tampilan fitur Miniplayer di aplikasi Spotify versi desktop. (ANTARA/Spotify Community)

Jakarta (ANTARA) - Spotify telah menghadirkan fitur Miniplayer untuk aplikasinya di desktop yang memungkinkan pengguna dapat mengatur pemutaran lagu tanpa harus beralih aplikasi.

Menurut unggahan blog di Spotify Community pada Kamis (21/3), fitur Miniplayer ini dapat dimanfaatkan untuk mengatur pemutaran lagu termasuk mengganti lagu, memilih daftar putar, dan mengatur volume lagu. Pihak Spotify mengatakan bahwa fitur ini telah tersedia untuk pengguna Spotify Premium.

Baca juga: Tren konsumsi audio dan ragam konten spesial Ramadhan di Spotify

Pengguna dapat mengaktifkan fitur ini dengan mengklik ikon kotak di sisi kanan bawah tampilan aplikasi atau di sisi sebelah kanan bagian kontrol pemutaran lagu standar. Setelah mengklik ikon tersebut, jendela Miniplayer akan muncul di samping tampilan aplikasi penuh.

Tampilan Miniplayer tersedia dalam bentuk kotak maupun batang, yang menyediakan opsi untuk memainkan atau menghentikan lagu dan mengganti lagu.

Fitur ini berpotensi akan menggeser peran aplikasi pihak ketiga seperti Alfred Spotify Mini Player, Lofi Spotify Mini Player, dan SpotMenu yang selama ini digunakan pengguna untuk mengatur pemutaran lagu di Spotify sambil membuka aplikasi lain.

Baca juga: Spotify hadirkan fitur pemutaran video musik, tersedia di Indonesia

Laporan Endgadget pada Jumat menyebutkan Miniplayer merupakan salah satu fitur yang dinantikan oleh pengguna aplikasi pemutaran lagu tersebut di mana dalam sebuah unggahan di Spotify Community pada 2019 yang meminta Spotify untuk menyediakan fitur tersebut, didukung oleh lebih dari 3000 pengguna.

Saat ini Spotify merilis fitur Miniplayer untuk desktop terbatas bagi pengguna aplikasi Premium terlebih dahulu yang kemungkinan juga akan dirilis untuk pengguna aplikasi versi gratis di kemudian hari.