Kreator mobil klasik di Bali produksi puluhan unit digemari pasar asing

id Tuksedo Studio ,Mobil klasik

Kreator mobil klasik di Bali produksi puluhan unit digemari pasar asing

Co Founder Tuksedo Studio Laksmana Gusti Handoko (kiri) menyerahkan pesanan mobil klasik kepada konsumen di Sukawati, Kabupaten Gianyar, Bali, Jumat (10/5/2024). (ANTARA/Dewa Ketut Sudiarta Wiguna)

Gianyar, Bali (ANTARA) - Kreator mobil klasik buatan tangan Tuksedo Studio di Sukawati, Kabupaten Gianyar, Bali memproduksi sebanyak 20 unit kendaraan sejak 2021 hingga Mei 2024 yang juga banyak digemari pasar internasional karena sudah tidak ada di pasaran.

"Animonya tinggi, antrean banyak dari luar negeri," kata Co-Founder Tuksedo Studio Laksmana Gusti Handoko di sela serah terima mobil klasik pesanan konsumen dalam negeri di Sukawati, Kabupaten Gianyar, Bali, Jumat.

Ia mencatat ada 30 antrean yang berasal dari pecinta mobil klasik sejumlah negara di Timur Tengah, Amerika Serikat dan beberapa negara di Eropa.

Namun, produksi dan pengiriman untuk pemesanan konsumen internasional belum dapat dilakukan ke luar negeri karena perlu menyesuaikan dengan aturan ekspor.

"Kalau kami mau jual ke luar negeri, kami tidak boleh memasarkan sesuai merek kendaraan mereka tapi sebagai Tuksedo," imbuhnya.

Ia menambahkan industri kreatif miliknya dapat memproduksi mobil klasik karena desain kendaraan tersebut sudah kedaluwarsa dan selama pabrikan tersebut tidak mengeluarkan model yang sama, pihaknya diperbolehkan merakit mobil klasik sesuai aslinya.

Sementara itu, dari 20 unit mobil klasik itu, 10 unit di antaranya sudah diserahterimakan kepada para konsumen tanah air, salah satunya pembeli asal Jakarta, R Adi Yunadi yang memesan Porsche 356 Cabriolet beredar rentang tahun 1950an.

Pengerjaan mobil klasik itu dilakukan selama sekitar satu tahun dengan total studio tersebut mempekerjakan sebanyak 80 orang tenaga kerja yang sekaligus merupakan pekerja seni yang bergerak di sektor industri kreatif segmentasi otomotif.

Ada pun mesin mobil klasik Cabriolet itu menggunakan mesin baru pabrikan mobil Volkswagen (VW) dengan kisaran harga total hingga Rp2 miliar lengkap dengan dokumen surat kendaraan.

Saat ini, studio tersebut sedang mempersiapkan produksi lima unit mobil klasik lainnya dengan rata-rata waktu pengerjaan sekitar 6-12 bulan.

Ada pun harganya bervariasi mulai Rp1,9 miliar hingga yang paling mahal Rp5 miliar yakni jenis Gullwing Mercedes Benz dari harga asli mobil klasik itu dibanderol mencapai sekitar Rp60 miliar.