Sepulang nonton konser, warga Katingan diduga tenggelam akibat perahu karam

id Sepulang nonton konser, warga Katingan diduga tenggelam akibat perahukaram, kalteng, katingan, kpu

Sepulang nonton konser, warga Katingan diduga tenggelam akibat perahu karam

Suasana saat tim Gabungan saat melaksanakan kegiatan pencarian terhadap korban Roni Sosanto yang diduga tenggelam, Senin (2/6/2024). ANTARA/Naslee

Kasongan (ANTARA) - Roni Susanto (23) warga Desa Tewang Beringin, Kecamatan Tewang Sangalang Garing, Kabupaten Katingan Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng), diduga tenggelam setelah alat transportasi air perahu ces atau alkon yang ditumpanginya bersama lima orang temannya karam, Minggu (2/6) malam.

Camat Tewang Sanggalang Garing, Anitha Cristia Dewi di Kasongan, Senin membenarkan kejadian tersebut. Korban yang masih belum temukan adalah Roni Susanto.

"Sampai saat ini pencarian masih terus dilakukan oleh Tim Gabungan dari TNI/Polri, BPBD, Basarnas dan Damkar serta di bantu masyarakat desa. Pencarian sudah dilakukan dengan menyisir sepanjang aliran Sungai Katingan sejauh 5 Kilometer," kata Anitha.

Perahu ces yang ditumpangi untuk menyeberangi sungai DAS Katingan diduga kelebihan muatan. Akibatnya, air masuk dari depan perahu dan karam atau tenggelam.

Atas kejadian itu semua korban berusaha menyelamatkan diri. Lima orang berhasil selamat, dan korban atas nama Roni Susanto (23) diduga tenggelam saat kejadian.

Diketahui, para korban ini sebelumnya usai menghadiri konser Kangen Band di Kota Kasongan, Minggu (2/6) malam. Mereka pulang melalui sungai DAS Katingan, sekira pukul 03.00 WIB dini hari.

Baca juga: Tim SAR cari korban kapal terbalik di Sungai Katingan

Kapolsek Tewang Sanggalang Garing dan Pulau Malan, Ipda Didik Suhardianto, melaporkan bahwa terhadap pencarian korban belum membuahkan hasil hingga saat ini.

"Korban masih belum ditemukan. Anggota bersama tim gabungan masih membantu melakukan pencairan. Sampai pukul 16.00 WIB, pencarian Nihil. Sehingga besok dilanjutkan pencarian gabungan," singkatnya.

Hiburan rakyat dari Kangen Band tersebut merupakan hiburan pada pelaksanaan peluncuran Bupati dan Wakil Bupati Katingan tahun 2024, serta peluncuran maskot dan jingle Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Katingan di Stadion Sport Center Kereng Humbang Kota Kasongan, Minggu (2/6) malam.

Peluncuran tersebut merupakan kegiatan KPU Kabupaten Katingan dalam rangka pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Katingan pada pilkada serentak 27 November 2024 mendatang.

Dengan hadirnya bintang tamu ternama Kangen Band tersebut, masyarakat dari berbagai wilayah Kecamatan hadir untuk menyaksikan band idolanya. Tidak terkecuali enam orang korban dari Desa  Tewang Beringin, Kecamatan Tewang Sangalang Garing.

Namun usai pulang dari kegiatan mengalami musibah karamnya perahu ces atau alkon yang ditumpangi saat menyeberangi sungai DAS Katingan. Lima orang selamat dan satu orang diduga tenggelam terbawa arus air DAS Katingan. 

Baca juga: KPU Katingan targetkan partisipasi masyarakat pada Pilkada 2024 mencapai 80 persen

Baca juga: Satpol PP Katingan perketat pengawasan reklame

Baca juga: PLN sigap amankan aset dan keselamatan masyarakat saat banjir Katingan