Palangka Raya Fair ajang promosi produk UMKM ke kalangan investor

id Palangka Raya Fair 2024,DPKUKMP Palangka Raya,Kalteng,Palangka Raya,Kepala DPKUKMP Palangka Raya Samsul Rizal

Palangka Raya Fair ajang promosi produk UMKM ke kalangan investor

Kepala DPKUKMP Kota Palangka Raya Samsul RizalĀ (paling depan kanan) bersama stakeholder lainnya melaksanakan rapat pelaksanaan Palangka Raya Fair 2024 yang akan dilaksanakan pada 9-13 Juli 2024 di halaman GOR Indoor Serbaguna Jalan Tjilik Riwut Km 5, Selasa (2/7/2024). ANTARA/Adi Wibowo

Palangka Raya (ANTARA) - Palangka Fair 2024 yang dilaksanakan pada 9-13 Juli 2024 di halaman Gedung Olahraga (GOR) Indoor Serbaguna, yang digagas Pemerintah Kota Palangka Raya, Kalimantan Tengah menjadi ajang mempromosikan produk daerah ke masyarakat.

Kepala Perdagangan Koperasi Usaha Kecil Menengah dan Perindustrian (DPKUKMP) Samsul Rizal di Palangka Raya, Selasa, mengatakan Palangka Raya Fair tahun ini secara umum pemkot setempat ingin mempromosikan potensi daerah dan membuka  peluang investasi serta menyampaikan potensi produk yang dimiliki oleh pemda, BUMN, BUMD dan Swasta Nasional.

"Kami ingin pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di kegiatan ini dipromosikan kepada kalangan investor dan para pembeli potensial dalam serta luar negeri. Bahkan ini juga merupakan ajang memperkenalkan produk lokal serta peningkatan peran UMKM daerah," kata Samsul Rizal.

Dia menuturkan, Palangka Raya Fair, juga secara khusus adalah langkah pemkot setempat untuk mendukung Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN).

Kemudian, terjadi penjualan produk unggulan secara langsung, maupun informasi peluang investasi.

"Kami meyakini kegiatan ini sangat luar biasa dan akan berdampak positif bagi pelaku UMKM, ini terbukti dengan beberapa gelaran Palangka Raya Fair sebelumnya," katanya.

Orang nomor satu di lingkup DPKUKMP Kota Palangka Raya itu mengungkapkan, Palangka Raya Fair juga dikhususkan untuk menjaring investor nasional maupun internasional, kemudian juga dapat memperluas pangsa pasar, baik domestik maupun ekspor.

Bahkan para investor juga nantinya dapat menyaksikan inovasi dan kreatifitas dari para pelaku UMKM.

"Pada kegiatan tersebut nantinya akan ada ratusan pelaku UMKM dari berbagai sektor industri menampilkan produk dan karyanya. Produk yang ditampilkan mulai dari kuliner, kerajinan tangan, hingga produk-produk inovatif berbasis teknologi," bebernya.

Samsul Rizal juga menambahkan, dengan adanya Palangka Raya Fair, berharap dapat memberikan dukungan yang lebih besar kepada pelaku UMKM lokal untuk berkembang dan bersaing di pasar yang semakin kompetitif.

"Selain pameran produk, Palangka Raya Fair 2024 juga menawarkan berbagai kegiatan menarik seperti seminar dan workshop untuk meningkatkan kapasitas dan pengetahuan para pelaku UMKM dalam mengelola bisnis mereka dengan lebih baik," demikian Samsul Rizal.

Berdasarkan pantauan di lapangan DPKUKMP Kota Palangka Raya juga sudah melaksanakan rapat terkait pemantapan pelaksanaan Palangka Raya Fair 2024 bersama sejumlah stakeholder yang dilibatkan oleh panitia.