Legislator ajak maksimalkan peran swasta dalam percepatan pembangunan

id Legislator ajak maksimalkan peran swasta dalam percepatan pembangunan, kalteng, Palangka raya

Legislator ajak maksimalkan peran swasta dalam percepatan pembangunan

Ketua DPRD Kota Palangka Raya, Sigit Karyawan Yunianto. ANTARA/HO-Sekretariat DPRD Kota Palangka Raya.

Palangka Raya (ANTARA) - Ketua DPRD Kota Palangka Raya, Kalimantan Tengah, Sigit Karyawan Yunianto mengatakan bahwa percepatan pembangunan di daerah ini tidak lepas dari peran penting pihak swasta dalam menyalurkan Corporate Social Responsibility (CSR) atau tanggung jawab sosialperusahaan.

"Maka peran perusahaan yang beroperasi di Kota Palangka Raya ini perlu dimaksimalkan lagi perannya agar dapat benar-benar bermanfaat untuk daerah," katanya di Palangka Raya, Rabu.

Dia menjelaskan, bahwa program CSR merupakan suatu kewajiban bagi pihak swasta. Kontribusi melaluibCSR diyakini memberikan dampak positif bagi pembangunan dan kesejahteraan masyarakat, terutama pada sektor pendidikan dan kesehatan.

Dicontohkannya, untuk pembangunan gedung sekolah, pemberian beasiswa bagi siswa tidak mampu, pemberian sarana kelengkapan pendidikan hingga pembangunan pusat kesehatan dan program layanan kesehatan gratis bagi masyarakat.

"Termasuk pemberian pelatihan kerja dan bantuan usaha guna peningkatan pertumbuhan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat," ucapnya.

Baca juga: Palangka Raya Fair ajang promosi produk UMKM ke kalangan investor

Sigit melanjutkan, bahwa perusahaan-perusahaan di Kota Palangka Raya memiliki peluang besar untuk ikut serta dalam mendukung berbagai program pemerintah.

Untuk itu, keterlibatan perusahaan dalam CSR tidak hanya akan berkontribusi pada pembangunan sosial dan ekonomi lokal, namun juga membangun hubungan yang harmonis antara sektor swasta dengan masyarakat.

"Umumnya memang CSR dari suatu perusahaan itu disalurkan dengan hal-hal atau program yang bersentuhan langsung dengan masyarakat sehingga manfaatnya benar-benar sampai dan dirasakan langsung oleh warga," ujarnya.

Selain itu, lanjut Sekretaris DPD PDI Perjuangan Kalimantan Tengah menilai, bahwa penyaluran CSR juga memperkuat hubungan antara perusahaan dengan masyarakat melalui dialog terbuka dan konstruktif.

Dengan melibatkan masyarakat dalam perencanaan dan pelaksanaan program CSR, perusahaan dapat semakin membangun kepercayaan, menghargai komunitas, dan berkontribusi pada pembangunan yang berkelanjutan.

“Kita berharap perusahaan dapat melihat CSR tidak sekadar sebagai kewajiban, tetapi juga sebagai kesempatan untuk memberikan kontribusi nyata dalam meningkatkan kualitas hidup masyarakat sekitar,” demikian Sigit Karyawan Yunianto.

Baca juga: BMKG ingatkan pemda dan masyarakat Kalteng waspadai potensi hujan lebat dan angin kencang

Baca juga: Masyarakat Palangka Raya diminta waspadai flu dan batuk saat musim hujan

Baca juga: Petani di Palangka Raya perlu pembinaan sambut peluang jadi penyangga IKN