Polisi di Palangka Raya diminta komitmen dekatkan diri dengan masyarakat

id Kota Palangka Raya, Kalimantan Tengah, Jhony Arianto S Putera, Palangka Raya, Kalteng, DPRD Palangka Raya, DPRD

Polisi di Palangka Raya diminta komitmen dekatkan diri dengan masyarakat

DPRD Kota Palangka Raya Jhony Arianto S Putera. ANTARA/Dokumentasi pribadi.

Palangka Raya (ANTARA) - Legislator Kota Palangka Raya, Kalimantan Tengah, Jhony Arianto S Putera meminta kepolisian yang ada di wilayah setempat, agar dapat lebih berkomitmen lebih mendekatkan diri dan menjalin hubungan secara baik dengan masyarakat.

"Karena memang tanpa masyarakat, polisi akan kesulitan untuk menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat di daerah ini," katanya di Palangka Raya, Rabu.

Dirinya menjelaskan, bahwa dengan adanya komitmen untuk mendekatkan diri dengan masyarakat, hal itu diyakini membuat masyarakat tidak akan merasa takut dan sungkan untuk melapor ke kepolisian, apabila terjadi sesuatu yang mengganggu kamtibmas.

Masyarakat merupakan sumber informasi dari segala hal yang terjadi di Kota Palangka Raya, seperti ketika adanya seseorang yang menjadi korban jambret, pemukulan, penganiayaan dan sebagainya.

"Dari masyarakat ini lah tentunya kepolisian bisa mendapatkan informasi yang kemudian menindaklanjuti dengan melakukan berbagai penyelidikan," ucapnya.

Jhony mengakui bahwa selama ini Polresta Palangka Raya beserta Polsek jajaran telah memberikan kinerja yang baik dalam menangani berbagai perkara, serta menjaga suasana kamtibmas dengan baik.

Meski begitu, dirinya tetap meminta kepolisian di daerah ini, agar tidak mudah puas dengan segala pencapaian dan apresiasi dari masyarakat, sehingga kinerja yang sudah baik tersebut dapat terus ditingkatkan dalam menjaga situasi kamtibmas selalu aman dan kondusif.

"Seluruh lapisan masyarakat dapat membantu tugas kepolisian, dalam upaya untuk menciptakan situasi kamtibmas yang kondusif di wilayahnya masing-masing. Tentu ini akan berimbas dengan tercipta rasa kenyamanan," ujarnya.

Baca juga: Legislator ajak maksimalkan peran swasta dalam percepatan pembangunan

Politisi partai Nasdem ini berharap kepolisian di daerah ini juga dapat meningkatkan kemitraan dan sinergitas kerja antar pemerintah kota dan DPRD Kota Palangka Raya. Hal tersebut dilakukan sebagai bentuk komitmen kepolisian untuk turut serta dalam mendukung segala program pemerintah dapat berjalan dengan lancar.

"Sejauh ini, kemitraan antara DPRD dengan polres sudah terjalin baik, semoga ke depan semakin baik lagi, serta Polri tetap menjadi institusi profesional," demikian Jhony.

Baca juga: Palangka Raya Fair ajang promosi produk UMKM ke kalangan investor

Baca juga: Masyarakat Palangka Raya diminta waspadai flu dan batuk saat musim hujan

Baca juga: Petani di Palangka Raya perlu pembinaan sambut peluang jadi penyangga IKN