KPU Kalteng: Seluruh bapaslon selesaikan tahapan pemeriksaan kesehatan

id KPU Kalteng: Seluruh bapaslon selesaikan tahapan pemeriksaan kesehatan, kalteng, Palangka raya, pilkada kalteng, politik, pilkada

KPU Kalteng: Seluruh bapaslon selesaikan tahapan pemeriksaan kesehatan

Dokumentasi. Suasana RSUD Dr Doris Sylvanus Palangka Raya saat melakukan pemeriksaan kesehatan terhadap pasangan bacalon wali kota-wakil wali kota Palangka Raya, Jumat (30/8/2024). ANTARA/Rendhik Andika

Palangka Raya (ANTARA) - Anggota Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Kalimantan Tengah, Dwi Swasono mengatakan, seluruh pasangan bakal pasangan calon (bapaslon) Gubernur dan Wakil Gubernur Kalteng telah menjalani pemeriksaan kesehatan di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Dr Doris Sylvanus Palangka Raya.

"Empat pasangan bakal calon telah menjalani pemeriksaan kesehatan. Penyerahan hasil paling lambat Kamis, 5 September," kata Dwi yang merupakan Komisioner KPU Kalteng Divisi Teknis di Palangka Raya, Senin.

Empat bakal calon Gubernur dan Wakil Gubernur Kalimantan Tengah yakni pasangan Abdul Razak-Sri Suwanto, Agustiar Sabran-Edy Pratowo, Nadalsyah-Supian Hadi dan Willy M Yoseph-Habib Ismail Bin Yahya.

Dwi mengatakan, secara umum ada tiga poin utama dalam pemeriksaan kesehatan, yaitu meliputi kesehatan fisik, mental, serta pemeriksaan narkoba dengan jumlah total ada 18 bentuk pemeriksaan.

Dia mengungkapkan, proses pemeriksaan pasangan bakal calon ini tidak ada kendala, baik dari sisi peralatan maupun proses pemeriksaan kesehatan.

Baca juga: Paslon Pilkada Kalteng Koyem-SHD blusukan dan serap aspirasi di PPM Sampit

"Totalnya ada 55 petugas yang melaksanakan pemeriksaan kesehatan. 44 petugas dari RSUD Dr Doris Sylvanus dan 11 lainnya dari BNN Provinsi Kalteng yang khusus memeriksa terkait tes narkotika," kata Dwi.

Untuk tahapan selanjutnya, yakni pada 22 September, KPU Kalteng akan tetapkan pasangan calon yang memenuhi syarat. KPU juga akan tetapkan dari bakal calon menjadi pasangan calon.

Ketua KPU Kalteng Sastriadi menambahkan, seluruh Tim Pemeriksa Kesehatan di RSUD Dr Doris Sylvanus Palangka Raya bekerja secara profesional dalam melaksanakan tugas tersebut.

Dia juga memastikan proses pemeriksaan dilaksanakan dengan mematuhi standar medis yang tinggi, kode etik profesional dan memastikan keakuratan serta keandalan hasil pemeriksaan

Pasangan Abdul Razak dan Sri Suwanto dengan diusung Partai Golkar, Gelora, Perindo, Partai Ummat, dan Partai Buruh. Pasangan Agustiar Sabran-Edy Pratowo diusung Partai Gerindra, PAN, PKS, PSI, dan PKN. Pasangan Willy M Yoseph-Habib Ismail bin Yahya diusung Nasdem dan PKB dan Pasangan Nadalsyah-Supian Hadi diusung PDIP, Demokrat, PPP, Hanura, dan Partai Garuda.

Baca juga: Kapolda: Jadilah Polwan yang bermanfaat bagi masyarakat Kalteng

Baca juga: Kanwil Kemenkumham Kalteng terus memperkuat pelayanan di LPKA

Baca juga: BPS: Inflasi Kalteng per Agustus 2024 sekitar 1,29 persen