Seger Waras juara I lomba Posyandu Kalimantan Tengah

id posyandu seger waras juara 1 kalteng, posyandu kalteng, dpmd kapuas, gubernur sugianto sabran, kalimantan tengah, kuala kapuas, desa warnasari

Seger Waras juara I lomba Posyandu Kalimantan Tengah

Gubernur Kalteng Sugianto Sabran menyerahkan uang pembinaan kepada juara I lomba posyandu desa tingkat provinsi yakni Posyandu Seger Waras dari Desa Warnasari Kabupaten Kapuas, Selasa (22/10/2024). (ANTARA/HO-DPMD Kapuas)

Kuala Kapuas (ANTARA) -
Posyandu Seger Waras Desa Warnasari, Kecamatan Tamban Catur, Kabupaten Kapuas berhasil meraih juara 1 setelah menjadi yang terbaik dalam lomba Posyandu Desa tingkat Provinsi Kalimantan Tengah.
 
“Prestasi membanggakan ini menunjukkan dedikasi dan kerja keras seluruh pihak yang terlibat, baik dari kader posyandu, perangkat desa, maupun dukungan masyarakat,” kata Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kapuas Budi Kurniawan saat mendampingi menerima penghargaan di Palangka Raya, Selasa.
 
Keberhasilan ini, lanjutnya, bukan hanya hasil dari satu atau dua bulan, melainkan kerja berkelanjutan dalam memberikan pelayanan terbaik di bidang kesehatan ibu, anak, serta pelayanan dasar lainnya kepada masyarakat.
 
Posyandu Seger Waras telah menjalankan berbagai program kesehatan, seperti imunisasi, pemantauan gizi anak, serta penyuluhan kesehatan yang rutin dilakukan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat tentang pentingnya kesehatan.
 
Salah satu kunci keberhasilan posyandu ini adalah sinergi yang baik antara pemerintah desa, kader posyandu, dan Dinas Kesehatan Kapuas. Mereka rutin mengadakan evaluasi dan pembinaan sehingga program-program yang dijalankan berjalan optimal.

Baca juga: Jambore Tani 2024 momentum perkuat kemandirian pangan di Kalteng
 
Selain itu, inovasi-inovasi yang diterapkan, seperti pengelolaan data kesehatan berbasis digital serta pelatihan kader secara berkala, juga turut menjadi faktor penentu kemenangan ini.
 
Melalui kemenangan ini, Posyandu Seger Waras tidak hanya mengharumkan nama Desa Warnasari, tetapi juga menjadi contoh bagi posyandu-posyandu lain di Kalteng.
 
“Diharapkan dengan prestasi ini, Posyandu Seger Waras dapat terus mempertahankan bahkan meningkatkan kualitas pelayanan kesehatan sehingga mampu memberi dampak lebih luas lagi bagi masyarakat, serta menginspirasi desa-desa lain untuk terus berinovasi dalam meningkatkan pelayanan kesehatan di tingkat desa,” harapnya.
 
Sementara itu, Ketua Kader Posyandu Seger Waras Supiah Murni, usai menerima penghargaan dan uang pembinaan dari Gubernur Kalteng Sugianto Sabran di Palangka Raya mengatakan, hasil dari penilaian terbaik dari tingkat provinsi ini merupakan kebanggaan bagi pihaknya untuk terus meningkatkan kualitas pelayanan kesehatan masyarakat di desa setempat.
 
“Kami menyampaikan ucapan terima kasih atas dukungan semua pihak baik itu dari pemerintah desa, kecamatan, kabupaten maupun provinsi yang telah mendukung kami, sehingga dalam penilaian lomba posyandu ini menjadi terbaik I tingkat provinsi,” demikian Supiah Murni.

Baca juga: Pemerintah daerah diminta pastikan pembangunan di Kalteng merata

Baca juga: Kakanwil Kemenag Kalteng: Santri bisa menjadi apa saja

Baca juga: Tingkatkan kompetensi, Pemkab Barut gelar pelatihan kewirausahaan koperasi