Palangka Raya (Antara Kalteng) - Setahun sudah berjalan Cafe Kopihan hadir di Kota Palangka Raya. Dari awalnya hanya dikunjungi beberapa orang konsumen, kini puluhan orang silih berganti bercengkerama untuk menikmati aneka rasa kopi setiap harinya. 

Bahkan cafe yang berada di Jalan Rajawali itu saat ini dirasakan sudah menjadi rumah kedua bagi sejumlah anggota beragam komunitas "Kota Cantik" ini, yang berkisar 60 komunitas.

Cafe Kopihan tidak lagi sekadar tempat menikmati berbagai rasa kopi dengan gaya masa kini, namun saat ini bagaikan rumah, kantor, tempat berkumpul, tempat bermain bagi berbagai komunitas, mulai dari komunitas pecinta sepakbola, otomotif, seni budaya, sastra, teknologi hingga komunitas para pengajar muda dari kalangan mahasiswa yang sedang mengajar di pelosok.

Cafe yang semula ditujukan pemiliknya untuk kegiatan bisnis semata, malahan kini sudah menjelma di luar kebiasaan sebuah cafe, yakni menjadi ajang bergeraknya berbagai macam kegiatan sosial para komunitas. Dari aksi donor darah massal, sampai dengan kegiatan penggalangan dana untuk bencana alam dan hal-hal lain yang berbau kegiatan sosial untuk masyarakat banyak.

Bobby Rahman, adalah entrepreneur muda yang menginisiasi Cafe Kopihan tersebut. Ia mengakui metamorfosa orientasi dalam menjalankan usahanya berlangsung secara natural. 

Pengusaha muda ini menilai sebuah usaha sebaiknya tidak hanya berpikir orientasi keuntungan semata tapi juga bagaimana agar para konsumennya yang mayoritas tergabung dalam komunitas itu bisa ikut memiliki sifat sosial untuk menolong sesama masyarakat yang membutuhkan.

"Ternyata melalui bisnis yang saya jalankan dengan merangkul berbagai macam komunitas itu, para anggotanya juga berperan aktif ketika kami melaksanakan kegiatan sosial. Pada mereka timbul kesadaran untuk melakukan aksi sosial yang bermanfaat bagi orang banyak. Salah satunya aksi donor darah massal. Dan hasilnya ternyata kantong darahnya malah tidak cukup menampung banyaknya jumlah peserta yang ingin mendonorkan darahnya," ucap Bobby yang selalu ramah ini.

Melalui tempat usahanya tersebut, Bobby selalu membahas dan berkoordinasi dengan berbagai komunitas untuk melakukan rencana kegiatan positif untuk masyarakat sekitarnya.

Bobby mengaku, sifat sosial untuk menolong sesama manusia itu sebetulnya dimiliki oleh semua orang, tinggal bagaimana mendorong agar keinginan tersebut bisa terlaksana. Sehingga perlu adanya orang yang mau menjadi inisiator dan memotivasi dalam mewujudkan hal tersebut.

"Sebelum saya mendorong kawan-kawan melakukan aksi sosial, saya harus memberikan contoh terlebih dahulu, caranya adalah dengan membantu setiap komunitas melaksanakan berbagai macam kegiatan di Kopihan sesuai dengan kemampuan mereka," ujar Bobby.

Bobby mengungkapkan, selama ini para komunitas yang melaksanakan kegiatan ditempatnya tidak pernah ditarget harus memberikan pemasukan besar bagi cafenya, namun cukup disesuaikan dengan kemampuan yang ada. Ia pun menyediakan tempat dan fasilitas yang dimilikinya, semuanya dipinjamkan secara gratis.

Saat ini berbagai macam kegiatan komunitas yang sering dilaksanakan di antaranya nonton bareng pertandingan sepak bola dan moto GP, kemudian karaoke bersama, melukis, fotografi, dan bermain werewolf. Para anggta komunitas berjejaring melalui media sosial yang dimilikinya.

"Dulu kalau kita lihat, dalam membuat kegiatan para komunitas selalu jalan sendiri-sendiri sehingga kurang terlihat gaungnya. Sekarang, dengan kerjasama yang baik setiap kegiatan komunitas selalu dipromosikan, bahkan dibantu komunitas yang lain. Tidak hanya itu, dalam membuat kegiatan mereka juga mau bergabung, artinya yang dulunya terlihat kecil sekarang semakin besar," ungkap pria yang mengidolakan Bill Gates, Steve Jobs dan Basuki Tjahaja Purnama itu.

Diluar perkiraannya, upaya bersama dalam aksi gabungan komunitas di Palangka Raya telah semakin terkenal dan hampir setiap bulan selalu ada saja aksi sosial yang dilaksanakan, baik gabungan menyeluruh atau gabungan sebagian komunitas saja.

Bobby pun merasakan ada pembelajaran salam usaha cafenya itu, yakni melalui bisnis, sepanjang ada niat untuk menularkan sifat sosial untuk membantu sesama, maka  hal itu pasti bisa tercapai bahkan diterima dengan baik oleh semua kalangan. Ia senang bisa menjadi orang yang tidak hanya memikirkan keuntungan semata dalam berbisnis, namun juga dapat berbagi dengan sesama.

"Saya yakin semua orang nantinya akan mau berbuat seperti apa yang saya lakukan, sebab semua akan bisa ketika terbiasa. Mewujudkan itu tidak susah, hanya memulainya yang sulit. Namun dengan adanya medsos dan internet, komunikasi menjadi lebih mudah dan kekuasan ada di tangan," jelas pria yang memiliki salah satu moto hidup "Berpikir Selangkah Lebih Maju Dari Orang Lain".


Sosok Pendorong.

Dibalik suksesnya sepak terjang seorang Bobby, di sisinya selalu ada Angela Sari, sosok istri yang selalu memberikan semangat dan motivasi dalam melaksanakan kegiatan-kegiatan komunitas, termasuk aksi sosial yang akan dilakukan.

"Setiap kegiatan selalu kami lakukan berdua, di rumah atau di Kopi Han berjuang bersama dan tentu mengalami suka dan duka juga bersama-sama. Satu sama lain saling mengisi dan menutupi kekurangan, sehingga hampir tidak pernah terjadi titik jenuh ketika menjalankan kegiatan tersebut," ujar Angela.

Angela mengaku, sebagai seorang pendamping hidup juga merasakan apa yang dilakukan Bobby dalam menularkan sifat sosial untuk masyarakat dalam berbisnis merupakan salah satu contoh dan pendorong motivasi untuk hidup.

"Kalau kita berbuat untuk orang lain, itu juga memberikan rasa kepuasan yang sangat berbeda. Hanya saja jeleknya Bobby sering terlambat makan, ketika sedang asyik melakukan pekerjaan dan kegiatan sosialnya," ujar Angela.

Angela juga mengaku banyak mendapatkan pengalaman baru ketika ikut merasakan asiknya menjalankan pekerjaan sekaligus bersamaan dengan kegiatan berbagai komunitas yang ada di Palangka Raya, Kalimantan Tengah.

"Kaget juga ternyata di Palangka Raya banyak sekali komunitas, mereka ternyata sangat sering melaksanakan kegiatan sosial. Sehingga kami juga ingin membantu mengingat semua yang dilaksanakan adalah untuk kepentingan sesama," tambah Angela.

Pewarta : Rachmat Hidayat
Uploader : Ronny
Copyright © ANTARA 2024