Buntok (Antaranews Kalteng) - Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kabupaten Barito Selatan bersama Ikatan Sport Sepeda Indonesia (ISSI) setempat menggelar kegiatan bersepeda Fun XC, Minggu (11/3).

"Kegiatan ini dalam rangka memperingati Hari Pers Nasional (HPN) tingkat Provinsi Kalimantan Tengah," kata Ketua PWI Barito Selatan Muhammad Hamdan di Buntok, Jumat.

Menurut dia, kegiatan sepeda ini akan dilaksanakan pada Minggu (11/3) dan dalam event tersebut akan dilaksanakan dua kelas.

"Dua kelas tersebut yakni kelas sepeda santai (fun bike), dan kelas XC (ekstrim). Untuk start dan finis dari Taman Iring Witu Buntok," jelas Muhammad Hamdan.

Ia menyampaikan, adapun untuk tema dalam kegiatan ini yakni Bebes Badera Basapeda si Buntok Kota Batuah 2018.

Ia berharap kegiatan yang baru pertama kali dilaksanakan di wilayah Barito Selatan ini berjalan dengan tertib, lancar, dan sukses sesuai harapan bersama.

Sementara ketua Ikatan Sport Sepeda Indonesia Barito Selatan, Muhammad Irfan mengatakan untuk persiapan kegiatan ini sudah 80 persen.

"Kita juga sudah menyiapkan penampungan bagi para peserta ditempatkan diaula kantor camat Kecamatan Dusun Selatan, dan aula Polres Barito Selatan yang lama," tambah dia.

Untuk rute kelas fun, startnya di Taman Iring Witu Buntok, Jalan Merdeka Raya, Jalan Pahlawan, Jalan Gani Gandrung, Jalan Asam, Menyeberang Jalan Pamait, Jalan Pahlawan, Jalan Pelita Raya, dan finishnya di Taman Iring Witu Buntok.

Sedangkan rute kelas XC (Ekstrim), start dari taman Iring Witu, Jalan Padat Karya menuju Desa Lembeng, dan keluar jalan Buntok Palangka Raya, kemudian ke sawahan rubang, dilanjutkan ke jembatan simpang di Desa Pamait, Jalan Abeh Raya, menuju Jalan Sudirman, Jalan Pahlawan, Jalan Pelita Raya, Jalan Kaladan, Jalan H. Indar, Jalan Patianom dan finis di Taman Iring Witu Buntok.

Kegiatan tersebut lanjut dia, akan diikuti oleh sejumlah klub-klub sepeda yang berasal dari kabupaten yang ada di wilayah Kalimantan Selatan (Kalsel), dan sejumlah kabupaten yang ada di wilayah Kalimantan Tengah (Kalteng) ini.

"Untuk jumlah peserta yang sudah mendaftar mengikuti kegiatan ini sekitar kurang lebih sebanyak 500 orang peserta yang berasal dari luar Barito Selatan," tambah Muhammad Irfan.

Pewarta : Bayu Ilmiawan
Uploader : Admin Kalteng
Copyright © ANTARA 2024