Buntok (Antaranews Kalteng) - Kabupaten Barito Selatan, Kalimantan Tengah mengadakan jambore Tim Penggerak Pembinaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) tingkat kabupaten setempat.

Kegiatan yang pertama kali dilaksanakan di Barito Selatan ini dimaksudkan untuk menyukseskan 10 program pokok PKK," kata ketua Tim Penggerak PKK Barito Selatan, Permana Sari pada saat acara pembukaan, di Buntok, Rabu.

Menurut dia, tujuan dari kegiatan yang diikuti seluruh TP-PKK dienam kecamatan tersebut untuk menambah wawasan, pengetahuan, persaudaraan, dan persahabatan.

"Sekaligus sebagai penghargaan yang dapat memotivasi para kader untuk lebih meningkatkan peran sertanya dalam rangka mewujudkan keluarga sehat, dan sejahtera," tambah Permana Sari yang saat ini menjabat sebagai anggota Dewan Perwakilan Daerah Republik Indonesia (DPD-RI) itu.

Oleh karena itu, ia mengajak segenap TP PKK disemua jenjang kepengurusan di daerah ini untuk menggelorakan kembali, dan memanfaatkan kelompok wisma desa.

"Kelompok wisma desa ini dapat sebagai kelompok terdepan yang bisa dimanfaatkan elemen masyarakat dalam upaya meningkatkan kerukunan dalam keluarga, dan lingkungan serta menyejahterakan keluarga, dan masyarakat," tambah dia.

Selain itu ia juga menyampaikan, untuk mengoptimalisasikan semua program kegiatan, PKK harus lebih mampu mengembangkan kegiatan-kegiatan bersama dengan Satuan Organisasi Perangkat Daerah (SOPD) terkait.

"Hal tersebut agar seluruh upaya yang dilakukan oleh Gerakan PKK melalui 10 program pokok dengan program-program unggulan dapat mewujudkan kesejahteraan keluarga," kata dia.

Karena lanjut dia, PKK merupakan salah satu unsur pelaku pembangunan yang mana harus diarahkan kepada terwujudnya kehidupan keluarga yang lebih baik, bahagia, sehat, dan sejahtera.

Sementara Bupati Barito Selatan, Eddy Raya Samsuri menyambut baik dilaksanakannya kegiatan jambore TP PKK tingkat kabupaten ini.

"Sebab, kegiatan yang positif, dan strategis ini untuk terus memperbaharui, dan meningkatkan motivasi, serta semangat, dan pengetahuan para kader PKK di kabupaten ini guna mengaplikasikan 10 program PKK," tambah Bupati.

Untuk itu ia mengharapkan agar terus dipupuk, dan jalin hal-hal baik yang telah berjalan sehingga TP PKK Barito Selatan dapat terus berkiprah, dan memberikan yang terbaik bagi kabupaten yang berjuluk Dahani Dahanai Tuntung Tulus ini.

Acara pembukaan Jambore TP PKK tingkat kabupaten Barito Selatan tersebut berlangsung dihalaman kantor Bupati setempat.

Dalam kegiatan tersebut akan dilaksanakan sejumlah lomba-lomba yang akan diikuti para kader TP PKK dari sejumlah Desa dienam kecamatan di daerah itu.

Pewarta : Bayu Ilmiawan
Uploader : Ronny
Copyright © ANTARA 2024