Penjabat Bupati: Kehadiran TP PKK Bartim diharapkan turut memajukan daerah

id Penjabat Bupati: Kehadiran TP PKK Bartim diharapkan turut memajukan daerah, kalteng, bartim, Barito Timur, pkk

Penjabat Bupati: Kehadiran TP PKK Bartim diharapkan turut memajukan daerah

Penjabat Bupati Barito Timur mengukuhkan pengurus TP PKK Barito Timur periode 2023-2024 di Aula Rumah Jabatan Bupati Barito Timur di Tamiang Layang, Jumat (16/2/2024). ANTARA/Habibullah

Tamiang Layang (ANTARA) - Pejabat Bupati Barito Timur, Kalimantan Tengah, Indra Gunawan mengharapkan kehadiran Tim Penggerak PKK 2023-2024 mampu turut membawa kemajuan bagi daerah.

"Serta mampu memberdayakan keluarga meningkatkan kesejahteraan menuju terwujudnya keluarga yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa," kata Penjabat Bupati Bartim Indra Gunawan usai mengukuhkan TP PKK periode 2023-2024 di Tamiang Layang, Jumat.

Menurutnya, TP PKK juga diharapkan mampu menciptakan keluarga yang berakhlak mulia dan berbudi luhur, sehat sejahtera, maju dan mandiri, kesetaraan dan keadilan gender serta kesadaran hukum dan lingkungan terutama dengan dinamika perkembangan yang terjadi begitu dinamis di masyarakat yang mengakibatkan pergeseran nilai-nilai sosial dan budaya. 

PKK juga diharapkan mampu menjawab tantangan lain yakni perubahan perkembangan teknologi, urbanisasi, dan globalisasi telah membawa dampak signifikan pada keluarga. 

"Karena itu, PKK juga diharapkan dapat berperan aktif, dalam meningkatkan kesadaran akan pentingnya peran keluarga dalam mendidik, melindungi, dan mempromosikan kesejahteraan anggota keluarga," katanya.

Baca juga: KPU Bartim: PSU di TPS 3 Tampa dan PSS di TPS 2 Karang Langit

Tambahnya, isu stunting dan kemiskinan ekstrem yang terjadi pada beberapa wilayah di Indonesia juga menjadi salah satu isu yang tidak kalah penting untuk menjadi perhatian. Penanganan stunting dan kemiskinan ekstrim akan lebih optimal jika dilakukan melalui pemberdayaan keluarga. 

Dengan dinamika-dinamika yang terjadi, tambahnya, maka Tim Penggerak PKK perlu untuk selalu peka dan adaptif terhadap hal-hal tersebut.

"Karena itu dibutuhkan anggota-anggota ataupun pengurus yang mampu untuk memberikan sumbangsih ide dan gagasan sehingga dapat memunculkan program-program yang dapat meningkatkan pemberdayaan keluarga terutama dalam penanganan stunting dan pengentasan kemiskinan ekstrim," kata Indra.

Indra Gunawan pun meminta agar TP PKK Bartim mampu melaksanakan tugas dan amanah yang telah diberikan dengan penuh semangat dan tanggung jawab.

Melly Novita dikukuhkan sebagai Penjabat Ketua PKK Bartim. Dia dikukuhkan beserta jajaran untuk periode 2023-2024 oleh Penjabat Bupati Indra Gunawan di Aula Serbaguna Rumah Jabatan Bupati Barito Timur di Tamiang Layang, Jumat.

Pengukuhan juga dihadiri Sekretaris Daerah Bartim Panahan Moetar, Kepala OPD, Ketua IAD Barito Timur, Ketua Dharmayukti Karini Barito Timur, Ketua Bhayangkari Cabang Barito Timur, Ketua DWP Barito Timur, Ketua GOW Barito Timur, dan tamu undangan lainnya.

Baca juga: Bupati Gumas ingatkan masyarakat sikapi perbedaan pilihan secara dewasa dan bijaksana

Baca juga: Pj Bupati Bartim gunakan hak pilih di Tamiang Layang

Baca juga: Sekda Bartim ajak masyarakat gunakan hak pilih dengan bijak