Sekda Bartim ajak masyarakat gunakan hak pilih dengan bijak

id pemkab bartim, sekda bartim, panahan moetar, pemilu 2024, tamiang layang, bartim, barito timur

Sekda Bartim ajak masyarakat gunakan hak pilih dengan bijak

Sekda Bartim Panahan Moetar memperlihatkan surat suara yang sudah selesai dicoblos untuk dimasukkan kedalam kotak suara pada Pemilu 2024 di TPS 15 Tamiang Layang, Rabu (14/2/2024).  (ANTARA/HO- Diskominfo Bartim)

Tamiang Layang (ANTARA) -
Sekretaris Daerah Kabupaten Barito Timur, Kalimantan Tengah Panahan Moetar mendukung proses demokrasi dengan memberikan contoh nyata tentang pentingnya partisipasi aktif dalam Pemilihan Umum (Pemilu) 2024.
 
"Pagi ini saya menggunakan hak pilih di Tempat Pemungutan Suara (TPS) 15 Kelurahan Tamiang Layang, Kecamatan Dusun Timur," kata Panahan Moetar usai menggunakan hak suaranya, Rabu.
 
Dia mengatakan tindakannya ini bukanlah hal baru dalam karirnya sebagai seorang birokrat yang telah mengabdi dalam pelayanan publik selama puluhan tahun.
 
Dijelaskan Panahan, partisipasi aktif dalam Pemilu adalah kewajiban setiap warga negara Indonesia. Ia juga menyerukan kepada seluruh lapisan masyarakat di Barito Timur untuk menggunakan hak pilihnya dengan bijak, memilih pemimpin yang memiliki visi, integritas, dan komitmen membangun daerah.
 
Keberadaan di TPS, tambah Panahan lagi, tidak hanya memberikan contoh bagi masyarakat umum, tetapi juga menekankan pentingnya menghormati proses demokrasi.
 
"Baik sebagai seorang ASN dan pejabat publik, kehadiran saya di TPS diharap menjadi pesan kuat tentang pentingnya mematuhi aturan dan prosedur yang berlaku dalam proses pemungutan suara hingga perhitungan nanti," kata Panahan.

Baca juga: Penjabat Bupati Barito Timur ikut musnahkan surat suara rusak
 
Sultan Riswanda Bahdi (18) selaku pemilih pemula merasa senang setelah melakukan pencoblosan di TPS 10 Tamiang Layang di Jalan Nansarunai RT 10 Tamiang layang atau tepannya di halaman Resto 113.
 
Menurutnya, sebelum mencoblos atau menentukan pilihan, dirinya terlebih dahulu mengenali siapa saja calon yang berkompetisi dalam Pemilu 2024, baik presiden dan wakil presiden hingga pemilihan legislatif.
 
"Sesudah melihat siapa saja calonnya, saya menunggu antrean panggilan dan kemudian memilih di bilik suara," katanya.
 
Usai mencoblos dan memasukkan surat suara, Riswanda langsung membubuhkan jari pada tinta yang telah disediakan dan pulang ke rumah, untuk melanjutkan aktivitas lainnya.

Baca juga: Pemkab Bartim optimalkan 702 petugas linmas sukseskan Pemilu 2024

Baca juga: Pj Bupati: Bartim telah bersih dari alat peraga kampanye

Baca juga: Logistik Pemilu 2024 di Barito Timur didistribusikan