Pemkab Bartim optimalkan 702 petugas linmas sukseskan Pemilu 2024

id pemkab bartim, pj bupati bartim, indra gunawan, linmas bartim, pemilu 2024, tamiang layang, bartim, barito timur

Pemkab Bartim optimalkan 702 petugas linmas sukseskan Pemilu 2024

Penjabat Bupati Bartim Indra Gunawan menyemati petugas linmas saat apel kesiapan linmas dalam menghadapi Pemilu 2024 di Tamiang Layang, Senin (12/2/2024). (ANTARA/Habibullah)

Tamiang Layang (ANTARA) -
Penjabat Bupati Barito Timur, Kalimantan Tengah, Indra Gunawan mengatakan sebanyak 702 petugas perlindungan masyarakat (linmas) siap menjaga keamanan dan ketertiban penyelenggaraan Pemilu 2024.
 
“Tadi kita cek, mereka siap. Latihan mereka sudah dilakukan Satpol PP, serta pakaiannya pun sudah lengkap, dan petugas linmas siap siaga di TPS untuk menjaga di pintu masuk dan keluar pada hari pelaksanaan Pemilu,” kata Pj Bupati Barito Timur, Indra Gunawan di Tamiang Layang, Senin.
 
Menurutnya, 702 orang linmas akan menjaga 351 TPS yang ada di wilayah Barito Timur, dengan rincian tiap dua orang petugas linmas menjaga satu TPS.
 
Tambahnya, linmas adalah salah satu unsur yang ada di masyarakat dan ditugaskan berdasarkan undang-undang pemilu untuk menjaga keamanan, ketertiban TPS pada saat berlangsungnya pelaksanaan Pemilu 2024.
 
Indra juga meminta ASN dan seluruh petugas linmas menjaga netralitas dalam pelaksanaan pemilu, menjaga kualitas penyelenggaraan pemilu, menjadi pemilu berintegritas, dan menolak tindakan-tindakan yang tidak terpuji yang menciderai demokrasi.

Baca juga: Pj Bupati: Bartim telah bersih dari alat peraga kampanye
 
Dia menyampaikan walaupun dituntut dan diwajibkan untuk melaksanakan netralitas, namun ASN diperbolehkan untuk menggunakan hak pilih pada hari pencoblosan.
 
“Karena itu, saya mengajak semua peserta apel baik ASN maupun petugas linmas memberikan hak pilihnya, jangan sampai tidak mencoblos atau golput,” tegas Indra Gunawan.
 
Kepada seluruh petugas penyelenggara pemilu 2024, baik di tingkat desa, kecamatan dan kabupaten, diharapkan menjaga kesehatan dan mengutamakan keselamatan dalam melaksanakan tugas.
 
“Semua penyelenggara bahkan juga petugas linmas, jaga kesehatan dan utamakan keselamatan. Karena proses pemungutan hingga penghitungan suara tidak bisa diprediksi selesainya. Bisa malam atau dini hari atau besoknya. Ingat, jaga kesehatan,” demikian Indra Gunawan.

Baca juga: Logistik Pemilu 2024 di Barito Timur didistribusikan

Baca juga: Bupati Bartim: Diperlukan kolaborasi untuk meminimalisir kerawanan Pemilu 2024

Baca juga: Wakapolres Bartim pastikan kesiapan personel dalam pengamanan TPS Pemilu 2024