Bupati Bartim: Diperlukan kolaborasi untuk meminimalisir kerawanan Pemilu 2024

id Penjabat Bupati Barito Timur, Kalimantan Tengah, Indra Gunawan, Barito Timur, bartim, kalteng

Bupati Bartim: Diperlukan kolaborasi untuk meminimalisir kerawanan Pemilu 2024

Asisten I Bidang Pemerintahan, Ari Panan P Lelo. ANTARA/HO-Diskominfosantik Bartim

Tamiang Layang (ANTARA) - Penjabat Bupati Barito Timur, Kalimantan Tengah Indra Gunawan berpesan bahwa dalam salah satu upaya mencegah dan meminimalisir potensi kerawanan pemilihan umum tahun 2024, diperlukan sinergi dan kolaborasi antara pemerintah, penyelenggara pemilu, aparat keamanan beserta seluruh elemen masyarakat.

Sinergi dan kolaborasi itu juga menjadi salah satu upaya menjaga kondusifitas yang telah terbina di kabupaten dapat terus dipertahankan, kata Indra melalui Asisten I Pemerintahan Pemerintah Kabupaten Barito Selatan Ari Panan P Lelo di Tamiang Layang, Sabtu.

"Jadi, bapak Pj Bupati menyambut baik sekaligus mengapresiasi telah dilaksanakannya Apel Siaga sebagai upaya menjaga integritas, kejujuran, dan keadilan dalam pelaksanaan pemilu 2024," ucapnya.

Selain terus berkolaborasi, lanjut Ari Panan, Pj Bupati juga berpesan kepada seluruh pengawas Pemilu 2024 di wilayah Gumi Jari Janang Kalalawah, agar menjalankan tugas secara profesional, dengan melakukan pengawasan di semua tingkatan guna mencegah pelanggaran potensial.

"Keberhasilan pelaksanaan pemilu tidak hanya menjadi tanggung jawab penyelenggara pemilu saja, tetapi juga seluruh elemen masyarakat. Jadi, semua pihak dapat bekerja sama untuk menjaga keamanan di wilayahnya masing-masing," kata dia.

Ari panan juga menyampaikan , mendekati pesta demokrasi atau pemungutan suara yang akan dilaksanakan pada Rabu, 14 Februari 2024 mendatang, maka diperlukan peningkatan fungsi pengawasan dalam setiap tahapan Pemilu 2024.

Semua pihak, khususnya penyelenggara Pemilu 2024 diharapkan menjaga kesehatan baik secara fisik maupun mental, mengingat proses tahapan pemilu memerlukan tenaga yang besar.

Baca juga: Wakapolres Bartim pastikan kesiapan personel dalam pengamanan TPS Pemilu 2024

Pemerintah Kabupaten Barito Timur mengajak semua pihak untuk bersama-sama menciptakan Pemilu 2024 yang damai, berkualitas, berintegritas, dan menjaga netralitas.

"Mari kita bersatu demi memberikan yang terbaik bagi Kabupaten Barito Timur," katanya.

Selain itu, para pengawas pemilu di Kabupaten Barito Timur juga diingatkan agar tetap komitmen dalam menjalankan tugas pengawasan dengan sungguh-sungguh, kedisiplinan, dan rasa tanggung jawab yang tinggi, demi terwujudnya penyelenggaraan Pemilu 2024 yang adil, demokratis, dan damai.

Baca juga: Bawaslu Bartim ingatkan peserta pemilu turunkan APK sebelum masa tenang

Baca juga: Pemkab Bartim mulai bahas dana pengamanan Pilkada 2024

Baca juga: Penjabat Bupati Bartim berikan evaluasi dalam simulasi pemungutan suara