Wakapolres Bartim pastikan kesiapan personel dalam pengamanan TPS Pemilu 2024

id polres bartim, pengamanan pemilu 2024, netralitas polri, pesta demokrasi, wakapolres bartim, kompol andika rama, tamiang layang, bartim, barito timur

Wakapolres Bartim pastikan kesiapan personel dalam pengamanan TPS Pemilu 2024

Wakapolres Barito Timur, Kompol Andika Rama memberikan arahan kepada anggota yang terlibat dalam Pengamanan TPS Pemilu 2024 di Tamiang Layang, Kamis (8/2/2024). (ANTARA/HO-Humas Polres Bartim)

Tamiang Layang (ANTARA) -
Wakapolres Barito Timur, Kalimantan Tengah, Kompol Andika Rama mengingatkan tugas dan tanggung jawab yang dimiliki para anggota yang terlibat dalam Pengamanan TPS Pemilu 2024.
 
“Jadi kita berikan pemahaman kepada seluruh anggota Polri yang terlibat dalam pengamanan TPS di Kabupaten Barito Timur, agar memahami betul tugas dan tanggung jawab mereka saat pelaksanaan pengamanan Rabu pekan depan,” kata Andika Rama di Tamiang Layang, Kamis.
 
Pihaknya sudah menyampaikan kepada seluruh personel tentang berbagai hal yang tidak boleh dilakukan selama pelaksanaan pengamanan Pengamanan TPS Pemilu 2024.
 
Tujuannya agar seluruh personel yang terlibat memiliki pemahaman yang jelas mengenai standar operasional prosedur (SOP) yang harus diikuti, serta memastikan pelaksanaan pengamanan TPS berjalan lancar dan aman.
 
Tambahnya, tugas yang diberikan harus bisa dilaksanakan dengan penuh tanggung jawab dan mengutamakan profesionalisme demi terciptanya keamanan dan ketertiban selama pelaksanaan Pengamanan TPS Pemilu 2024.
 
“Hal utama yakni netralitas. Netralitas dimaksud yakni prinsip penting yang harus dijunjung tinggi institusi kepolisian guna menjamin pelaksanaan pemilu yang adil, jujur, dan demokratis,” tegasnya.

Baca juga: Bawaslu Bartim ingatkan peserta pemilu turunkan APK sebelum masa tenang
 
Ia kembali mengingatkan dalam pengamanan Kepolisian bertindak bukan sebagai pengawas TPS tetapi sebagai keamanan di TPS, karena itu seluruh anggota diinstruksikan untuk bertindak secara profesional, netral, dan proporsional dalam menjalankan tugas untuk menciptakan suasana pemilu yang aman, damai, dan kondusif.
 
Sebelumnya, apel kesiapan dan pengecekan perlengkapan personel dalam Pengamanan TPS Pemilu 2024 dilaksanakan di Polres Bartim. Apel diikuti dan dihadiri seluruh anggota kepolisian yang akan terlibat dalam pengamanan proses pemilu.
 
Kapolres Bartim AKBP Viddy Dasmasela didampingi Wakapolres Kompol Andika Rama melakukan pengecekan perlengkapan personel guna memastikan bahwa seluruh anggota memiliki kelengkapan dan kesiapan yang memadai dalam melaksanakan tugas pengamanan.