Penjabat Bupati Barito Timur ikut musnahkan surat suara rusak

id pemkab bartim, penjabat bupati, indra gunawan, pemilu 2024, pemusnahan surat suara, surat suara rusak, tamiang layang, bartim, barito timur

Penjabat Bupati Barito Timur ikut musnahkan surat suara rusak

Penjabat Bupati Barito Timur Indra Gunawan ikut memusnahkan surat suara rusak dengan cara dibakar di halaman Gudang Logistik KPU di Tamiang Layang, Selasa (13/2/2024). (ANTARA/Habibullah)

Tamiang Layang (ANTARA) -
Penjabat Bupati Barito Timur, Kalimantan Tengah Indra Gunawan ikut menghadiri sekaligus berpartisipasi dalam pemusnahan surat suara Pemilu 2024 yang rusak.
 
“Kita menyaksikan pemusnahannya untuk memastikan tidak ada penyalahgunaan,” kata Indra Gunawan di Tamiang Layang, Selasa.
 
Adapun surat suara rusak yang dimusnahkan sebanyak 17.490 lembar. Jumlah surat suara rusak terdiri dari 443 lembar surat suara pemilu presiden dan wakil presiden, 1.383 lembar surat suara anggota DPR RI, 12.741 lembar surat suara DPRD Provinsi, 2.573 lembar suara suara DPRD Kabupaten dan 360 lembar surat suara DPD RI.
 
Ketua KPU Barito Timur, Satya Hedipuspita mengatakan, pemusnahan ini dimaksudkan agar tidak ada prasangka penggelembungan surat suara maupun lainnya.
 
Dengan berakhirnya pemusnahan surat suara yang rusak ini, maka sesuai standar operasional prosedur atau SOP, maka KPU Barito Timur telah menyelesaikan tahapan penyerahan logistik sebelum hari H pemungutan suara.

Baca juga: Pemkab Bartim optimalkan 702 petugas linmas sukseskan Pemilu 2024
 
Satya mengatakan di tiap-tiap tempat pemungutan suara atau TPS, ada dua persen surat surat pengganti atau pelengkap yang sudah ada di masing-masing TPS, sehingga itu surat suara yang bisa digunakan untuk di TPS.
 
"Jika itu tidak digunakan maka akan dikembalikan, dan nantinya pada saat pengembalian itu juga ada surat suara sah, surat suara tidak sah, surat suara rusak, dan surat suara tidak digunakan," ujarnya.
 
Satya menegaskan, surat suara itu nantinya dimusnahkan enam bulan mendatang setelah pemilihan selesai semua dan tidak ada masalah lagi.
 
Satya menuturkan, jika ada terjadi pelanggaran di satu TPS dan nantinya dilakukan pemungutan suara ulang atau PSU, pihaknya juga sudah menyiapkan surat suara untuk PSU tersebut.
 
"Seandainya ada terjadi, maka akan kami distribusikan surat suara tersebut," tuturnya.
 
Satya mengatakan, ketersediaan untuk surat suara pemungutan suara ulang yang tersedia di kabupaten/kota adalah untuk pemilihan presiden 1.000 lembar, dan masing-masing dapil kabupaten 1.000 lembar.
 
"Untuk keberadaan surat suara itu semuanya di gudang logistik KPU Kabupaten Barito Timur," demikian Satya Hedipuspita.

Baca juga: Pj Bupati: Bartim telah bersih dari alat peraga kampanye

Baca juga: Logistik Pemilu 2024 di Barito Timur didistribusikan

Baca juga: Bupati Bartim: Diperlukan kolaborasi untuk meminimalisir kerawanan Pemilu 2024