Bupati Gumas ingatkan masyarakat sikapi perbedaan pilihan secara dewasa dan bijaksana

id jaya s monong, pemilu 2024, pesta demokrasi, hak pilih, kuala kurun, gumas, gunung mas

Bupati Gumas ingatkan masyarakat sikapi perbedaan pilihan secara dewasa dan bijaksana

Bupati Gunung Mas Jaya S Monong dan istri Mimie Mariatie Jaya S Monong menggunakan hak pilih di TPS 13 Kelurahan Tampang Tumbang Anjir Kecamatan Kurun, Rabu (14/2/2024). (ANTARA/Chandra)

Kuala Kurun (ANTARA) -
Bupati Gunung Mas, Kalimantan Tengah, Jaya S Monong berharap pelaksanaan Pemilihan Umum (Pemilu) Serentak 2024 di Indonesia, khususnya di daerah setempat, berjalan dengan lancar, damai dan sukses.
 
“Sejak beberapa hari lalu penyelenggara pemilu mempersiapkan berbagai hal supaya kita bisa menggunakan hak pilih. Sejauh ini semua berjalan baik dan semoga tahapan-tahapan selanjutnya juga berjalan lancar,” ucapnya usai menggunakan hak pilih di Kelurahan Tampang Tumbang Anjir Kecamatan Kurun, Rabu.
 
Dia mengingatkan, dalam pesta demokrasi perbedaan pilihan dan dukungan merupakan hal yang lumrah terjadi. Oleh sebab itu, perbedaan tersebut harus disikapi secara dewasa dan bijaksana.
 
Di sisi lain, kesuksesan pemilu dapat dilihat salah satunya dari tingkat partisipasi masyarakat. Dia berharap partisipasi masyarakat Gunung Mas dalam Pemilu 2024 bisa mencapai 90 persen.

Baca juga: Pemkab perhatikan kesehatan anggota KPPS di Gunung Mas
 
Selain itu, orang nomor satu di lingkup Pemerintah Kabupaten Gunung Mas ini juga berharap semua penyelenggara pemilu selalu dilindungi Tuhan Yang Maha Esa, supaya mereka berhasil menjalankan tugas dan selalu sehat.
 
“Saya tahu mereka kerja dari beberapa hari lalu, mempersiapkan logistik, mendirikan Tempat Pemungutan Suara (TPS), dan sekarang mengatur pemungutan suara. Saya doakan mereka selalu sehat, kuat dan aman dalam perlindungan Tuhan,” kata Jaya.
 
Bupati Gunung Mas dan istri Mimie Mariatie Jaya S Monong menggunakan hak pilih di TPS 13 Kelurahan Tampang Tumbang Anjir. Keduanya datang ke TPS sekitar pukul 09.00 WIB.
 
Jaya mengaku tidak menemui kendala atau kesulitan yang berarti selama menjalani proses pemungutan suara. Waktu yang diperlukan juga relatif tidak lama di mana dirinya dan istri hanya memerlukan beberapa menit untuk menyelesaikan seluruh proses di TPS.
 
Untuk diketahui, Pemilu Serentak 2024 meliputi pemilihan presiden dan wakil presiden, anggota DPR RI, anggota DPD RI, anggota DPRD provinsi, serta anggota DPRD kabupaten/kota.
 
Daftar pemilih tetap (DPT) Gunung Mas untuk Pemilu Serentak 2024 tercatat sebanyak 90.918 pemilih. Sedangkan TPS berjumlah 390 dan tersebar di 127 desa/kelurahan di 12 kecamatan.

Baca juga: Partisipasi masyarakat Gumas dalam Pemilu 2024 diharapkan capai 80 persen

Baca juga: Pemkab Gunung Mas izinkan TPS didirikan di fasilitas pemda

Baca juga: Wabup Gumas: Pemusnahan surat suara cegah kecurangan pemilu