Pemkab perhatikan kesehatan anggota KPPS di Gunung Mas

id Kabupaten Gunung Mas, Kalimantan Tengah, Dinas Kesehatan Gunung Mas, Gunung Mas, gumas, kalteng

Pemkab perhatikan kesehatan anggota KPPS di Gunung Mas

Sekretaris Dinkes Kabupaten Gunung Mas Hengki Panto (tengah) dan lainnya, mengikuti kegiatan pemerintahan di Kuala Kurun, Selasa (13/2/2024). ANTARA/Chandra.

Kuala Kurun (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Gunung Mas, Kalimantan Tengah, melalui Dinas Kesehatan memberi perhatian serius terhadap kondisi kesehatan anggota Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) untuk pelaksanaan Pemilihan Umum (Pemilu) Serentak 2024 di daerah setempat.

Sejumlah upaya telah dan akan dilakukan guna memastikan kesehatan anggota KPPS, ucap Sekretaris Dinkes Gunung Mas Hengki Panto kepada awak media di Kuala Kurun, Selasa.

"Upaya yang telah dilakukan seperti memfasilitasi senam bersama dan pemeriksaan kesehatan kepada petugas penyelenggara pemilu, termasuk kepada anggota KPPS," lanjutnya.

Senam bersama dan pemeriksaan kesehatan difasilitasi oleh 17 pusat kesehatan masyarakat (puskesmas), yang tersebar di 12 kecamatan di Gunung Mas. Kegiatan dilakukan pada 2 Februari dan 9 Februari 2024.

Bahkan, sambung mantan Camat Tewah itu, vitamin dibagikan saat pelaksanaan senam bersama dan pemeriksaan kesehatan gratis di puskesmas-puskesmas pada 9 Februari 2024.

Senam bersama bertujuan untuk menjaga tubuh penyelenggara pemilu supaya tetap sehat dan bugar. Tubuh sehat dan bugar sangat penting mengingat tugas penyelenggara pemilu semakin padat, khususnya jelang hari H pemungutan suara.

"Senam bersama dan pemeriksaan kesehatan kepada petugas pemilu merupakan bentuk dukungan Pemkab Gunung Mas, melalui Dinkes dan Puskesmas, dalam menyukseskan pelaksanaan Pemilu Serentak 2024," kata dia.

Selain itu, Dinkes Gunung Mas juga telah mengeluarkan surat edaran yang ditujukan kepada seluruh pimpinan puskesmas dan puskesmas pembantu (pustu), agar siaga memberi pelayanan kesehatan kepada KPPS.

Baca juga: Partisipasi masyarakat Gumas dalam Pemilu 2024 diharapkan capai 80 persen

Dalam surat tersebut, seluruh pimpinan puskesmas dan kepala pustu harus siap siaga dan tidak meninggalkan tugas pada hari H pemungutan suara yakni pada 14 Februari 2024, sampai dengan H+2.

Sebelumnya, Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Gunung Mas, Elfrinst G Tumon mengatakan sebanyak 2.730 anggota KPPS untuk pelaksanaan Pemilu Serentak 2024 di daerah setempat telah dilantik.

"Sebanyak 2.730 anggota KPPS tadi akan bertugas di 390 TPS, yang tersebar di 127 desa/kelurahan di 12 kecamatan di Gunung Mas," demikian Elfrinst G Tumon.

Baca juga: Pemkab Gunung Mas izinkan TPS didirikan di fasilitas pemda

Baca juga: Wabup Gumas: Pemusnahan surat suara cegah kecurangan pemilu

Baca juga: Wabup apresiasi wartawan dan ASN ikut berpartisipasi jadi KPPS di Gumas