Sampit (ANTARA) - Ketua Komisi I DPRD Kabupaten Kotawaringin Timur, Kalimantan Tengah Handoyo J Wibowo mengingatkan kepala desa di daerah itu untuk bekerja sesuai dengan tugas pokok dan fungsinya (tupoksi).

"Kepala desa harus mengerti kewajibannya sebagai seorang pemimpin di desa yaitu meningkatkan kemajuan desa dan kesejahteraan masyarakat," katanya di Sampit, Jumat.

Kepala desa juga memiliki tugas yang wajib dilaksanakan yaitu meningkatkan kesejahteraan masyarakat desa. Selain itu, kepala desa harus memelihara ketenteraman dan ketertiban masyarakat desa.

Dalam menjalankan roda pemerintahan, kepala desa juga harus melaksanakan prinsip tata pemerintahan desa yang akuntabel, transparan, profesional, efektif, efisien, bersih serta bebas dari kolusi, korupsi dan nepotisme (KKN).

Kepala desa juga dituntut untuk menjalin kerja sama dan koordinasi dengan seluruh pemangku kepentingan di desa. Selain itu, harus menyelenggarakan administrasi pemerintahan desa yang baik.

Handoyo juga meminta kepada kepala desa untuk mampu mengelola keuangan dan aset desa dengan baik. Masyarakat dan lembaga-lembaga desa harus diberdayakan, serta membina dan melestarikan nilai-nilai sosial budaya masyarakat. 

"Tugas dan kewajiban itulah yang harus dilaksanakan oleh kepala desa agar pemerintahan desa bisa berjalan dengan baik sehingga masyarakat desa lebih makmur nantinya," ucapnya.

Handoyo juga mendorong kepala desa untuk bekerja keras dengan pengabdian yang tinggi dalam melaksanakan tugas pokok sebagai seorang pemimpin. Kepemimpinan kepala desa akan sangat berpengaruh terhadap kemajuan desa.

Selain itu, kepala desa merupakan garda terdepan untuk melayani masyarakat dalam bidang pemerintahan. Untuk itu kepala desa harus memberikan informasi seluas-luasnya kepada warga, khususnya mengenai perencanaan pembangunan desa. 

"Saya harap seluruh kepala desa, terutama yang baru dilantik pada 25 Februari 2019 lalu, bisa lebih maksimal dalam bekerja sehingga pembangunan desanya bisa lebih maju," tegasnya.

Pewarta : Untung Setiawan
Uploader : Admin 2
Copyright © ANTARA 2024